Pertanyaan yang Paling Sering Muncul Terkait Virus Covid-19

...

Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan terkait virus Covid-19 ini. Berikut beberapa pertanyaan yang kerap sering muncul beserta jawabannya:

Apakah CT Value merupakan salah satu penentu dari kriteria sembuh Covid-19?

Nilai CT tidak menunjukkan derajat berat penyakit, penularan atau bahkan hal yang dipertimbangkan untuk sembuh atau tidaknya Covid-19 dan kapan seseorang dapat dibebaskan dari isolasi/karantina.

Yang terdapat dari CT Value hanya mendapatkan partikel virus di saluran napas saja dan tidak memengaruhi apapun. Sehingga, kriteria kesembuhan yang pasti dan benar menurut surat edaran Kementerian Kesehatan RI adalah:

  • Gejala berangsur membaik
  • Menyelesaikan isolasi sesuai dengan waktu yang ditentukan

Selesai isolasi namun masih batuk-batuk, apakah berbahaya?

Batuk merupakan gejala dari long covid atau gejala yang masih sering dirasakan oleh seseorang setelah dinyatakan negatif Covid-19.

Masih adanya batuk selesai isolasi karena saluran napas pasca terinfeksi Covid-19 menjadi lebih sensitif, jadi sering kali masih ada keluhan batuk karena cuaca dingin, berbicara dengan napas lebih lambat, atau terkena debu.

“Jadi jangan khawatir selama tidak demam, badan tidak sakit, dan gejala batuk ringan saja. Namun, yang paling penting adalah kontrol ke dokter untuk memastikan kondisi batuk berikut merupakan bukan masalah yang serius,” kata dr. Jaka Pradipta, Sp.P, Dokter Spesialis Paru dari Mayapada Hospital Kuningan (MHKN).

Kapan waktu yang aman untuk vaksin booster bagi penyintas COVID-19?

Pada dasarnya, vaksinasi booster harus memenuhi syarat yaitu jeda 3 bulan setelah vaksin dosis kedua. Akan tetapi jika kamu penyintas omicron, waktu pemberian vaksin booster dapat berubah.

  • Bagi penyintas Covid-19 gejala ringan/sedang, pemberian vaksin booster minimal satu bulan setelah sembuh dari Covid-19.
  • Bagi penyintas Covid-19 gejala berat, pemberian vaksin booster minimal tiga bulan setelah sembuh dari COVID-19

Bagaimana jika terpapar virus Covid-19 satu rumah?

Jangan khawatir apabila satu rumah terpapar virus COVID-19, Anda dan keluarga dapat melakukan isolasi bersama.

Hal tersebut demi mencegah penularan virus kepada orang lain. Kontrol ke dokter melalui layanan Telekonsultasi untuk mengetahui semua informasi mengenai cara penyembuhan atau tips-tips isolasi bersama dalam satu rumah.

Informasi dan layanan pemeriksaan Covid-19 dan pasca Covid-19, hubungi Hotline 150770.

Narasumber:

dr. Jaka Pradipta, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Mayapada Hospital Kuningan (MHKN)

Lihat jadwal praktik di sini

tags :

Covid-19 Mayapada Hospital Kuningan