Biopsi Payudara dengan Teknik Terkini Dilakukan Perdana di Bandung

...

Biopsi payudara | Jenis biopsi payudara

Pada 7 November 2023, dilakukan tindakan VABB (Vacuum Assisted Breast Biopsy) pertama di Bandung, yang dilakukan oleh tim Oncology Center Mayapada Hospital Bandung (MHBD), dengan dr.Francisca Badudu, Sp.B (K) Onk sebagai operator utama.

Tindakan ini dilakukan pada pasien wanita dengan keluhan utama adanya benjolan di payudara.

Biopsi payudara adalah prosedur medis pengambilan sebagian jaringan payudara dari area yang dicurigai, misalnya benjolan, yang kemudian diperiksa di laboratorium untuk memastikan ada tidaknya sel kanker.

Biopsi merupakan standar utama untuk mendiagnosis kanker atau menyingkirkan kecurigaan kanker, sehingga sangat penting untuk dilakukan.

Jenis biopsi secara garis besar ada tiga, dengan operasi (open biopsy), dengan jarum halus (Fine Needle Aspiration Biopsy-FNAB), dan dengan jarum besar (Core Needle Biopsy-CNB).

Dengan CNB, tingkat keakuratannya sangat baik dibanding FNAB, serta durasi perawatan yang lebih cepat dan luka yang minimal dibandingkan operasi.

Vacuum Assisted Breast Biopsy atau Biopsi Vakum Payudara merupakan teknik canggih dengan prinsip CNB. Biopsi dilakukan dengan suatu alat berupa jarum besar dengan penambahan teknologi vakum (menyedot), sehingga memiliki kelebihan di antaranya keakuratan yang baik karena jaringan yang terambil lebih banyak, durasi tindakan cepat, bekas luka minimal, dan pemulihan pasca tindakan yang lebih singkat.

Pada prosedur VABB, dokter akan melokalisir area tumor terlebih dahulu dengan alat radiologi, seperti USG payudara, kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan alat vakum yang canggih pada area yang sudah dilokalisir.

”Biopsi payudara tidak berbahaya dan tidak menyebabkan sel kanker menjadi menyebar seperti banyak mitos yang beredar," ujar dr. Dharmayanti Francisca Badudu, Sp.B (K) Onk, Dokter Spesialis Bedah Onkologi (Tumor & Kanker) dari Mayapada Hospital Bandung (MHBD). "Melakukan biopsi belum tentu Anda menderita kanker, kebanyakan hasil biopsi payudara biasanya ditemukan jinak." 

Info lebih lanjut mengenai Biopsi Payudara, hubungi Call Center 150770.

Narasumber:
dr. Dharmayanti Francisca Badudu, Sp.B (K) Onk
Dokter Spesialis Bedah Onkologi (Tumor & Kanker)
Mayapada Hospital Bandung (MHBD)

Lihat jadwal praktik di sini

tags :

Obstetrics & Gynecology Center Spesialis Kebidanan Dan Kandungan Biopsi Payudara