Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan Agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan

...

Kabar kehamilan kerap menjadi sebuah berita menggembirakan bagi pasangan muda yang mengharapkan kehadiran buah hati. Segala upaya tentu akan dilakukan agar ibu dan janin dalam kandungan terus dalam kondisi sehat.

Karena itu, bagi ibu hamil, penting sekali untuk selalu rutin menjalani pemeriksaan kehamilan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan . 

Menurut dr. Maurin Susanna, Sp.OG (K) - KFM, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan - Konsultan Fetomaternal dari Mayapada Hospital Surabaya (MHSB), "Pemeriksaan kehamilan ke dokter sangat penting. Melalui Antenatal Care (ANC), ibu akan mendapatkan informasi dan edukasi terkait kehamilan dan persiapan persalinan sejak dini." 

Pemeriksaan ANC (Antenatal Care) merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal. 

dr. Maurin juga menjelaskan, minimnya pengetahuan ibu hamil mengenai tanda bahaya kehamilan sering terjadi karena kurangnya kunjungan ANC. Berbagai penelitian terkait ANC menyatakan, keberhasilan ANC dapat menyelamatkan nyawa atau menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI).

Kehamilan sendiri memiliki sejumlah risiko kesehatan, antara lain dalam kategori risiko tinggi berupa keguguran, partus macet, pendarahan antepartum, kematian janin dalam kandungan (Intrauterine Fetal Death), keracunan dalam kehamilan (preeklamsia), eklampsia, bayi lahir belum cukup bulan (premature) dan berat badan bayi rendah. 

Untuk kasus preeklamsia biasanya dimulai setelah minggu ke-20. “Namun seringnya menimpa ibu hamil yang sebelumnya tidak memiliki riwayat hipertensi. Kemunculannya tiba-tiba tanpa disadari ibu hamil,” kata dr. Agustinus Giri Respati, Sp.OG-KFM, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan - Konsultan Fetomaternal dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS).

"Maka dari itu, penting untuk dilakukan Antenatal Care dan skrining apalagi ibu hamil memiliki faktor risiko atau riwayat kehamilan sebelumnya bermasalah," ujar dr. Agustinus, menambahkan.


Pemeriksaan Ultrasonografi

Adapun pemeriksaan kehamilan bisa dilakukan berkala melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG). Di awal kehamilan, pemeriksaan USG merupakan hal penting untuk menentukan usia kehamilan dan mengetahui kondisi awal janin.

Untuk pemeriksaan USG pada trimester kedua juga perlu dilakukan untuk mengevaluasi kemungkinan kelainan anatomi pada janin.

Setelah itu, ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan USG di trimester ketiga untuk mengetahui pertumbuhan janin dan posisi janin. Selain itu, melalui pemeriksaan ini, kondisi plasenta atau ari-ari di dalam rahim untuk merencanakan persiapan persalinan juga dapat dicek.

"Pemeriksaan USG skrining anatomi janin lengkap paling optimal dilakukan pada kehamilan 26 - 28 minggu," ujar dr. Sandhy Prayudhana, Sp.OG-KFM, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan - Konsultan Fetomaternal dari Mayapada Hospital Tangerang (MHTG).

“Beberapa negara juga menambahkan pemeriksaan kelainan anatomi rutin pada usia hamil 11-14 minggu untuk mengevaluasi kemungkinan kelainan kromosom, contohnya sindroma down atau trisomi 21," kata dr. Sandhy, menambahkan.

Baca juga: Berbagai jenis USG dalam Kehamilan

Jika terdeteksi kehamilan dengan kelainan kromosom atau down syndrome, dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, yaitu dengan pemeriksaan Chorionic Villus Sampling (CVS) di trimester pertama saat minggu ke-10 dan ke-12.

“Atau dapat dilakukan pemeriksaan amniosentesis dengan mengambil sampel cairan ketuban pada trimester kedua dengan tujuan untuk menemukan kelainan genetik kromosomal yang terjadi pada janin," kata dr. Manggala Pasca Wardhana, Sp.OG-KFM, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan -  Konsultan Fetomaternal dari Mayapada Hospital Surabaya (MHSB).

Seluruh skrining dan pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan di Obstetrics & Gynecology Center Mayapada Hospital.

Selain memiliki dokter spesialis kebidanan dan kandungan serta subspesialis, Obstetrics & Gynecology Center Mayapada Hospital menyediakan layanan komprehensif untuk kesehatan wanita segala usia.

Layanan kesehatan yang disediakan tersebut mulai dari kesehatan organ reproduksi wanita, pemantauan kehamilan hingga persalinan, penanganan kehamilan risiko tinggi, keluarga berencana, pilihan tindakan bedah untuk kasus ginekologi, hingga persiapan dan perawatan menopause.

Selain kehamilan, Anda juga bisa deteksi dini untuk menghindari risiko penyakit yang menjadi serius. Jangan tunda, agar penanganannya tidak terlambat.

Konsultasikan kesehatan kehamilan Anda bersama dokter spesialis kebidanan dan kandungan kami di sini |  Info pelayanan skrining kehamilan hubungi hotline 150770.

tags :

Obstetrics & Gynecology Center Spesialis Kebidanan Dan Kandungan