Lemot saat Puasa? Atasi dengan 6 Cara Ini!

...

Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan seluruh umat muslim dengan cara menahan diri. Menahan rasa lapar dan haus selama lebih dari 12 jam, yang tentu akan membuat tubuh terasa lemah, letih, dan lesu. 

Selain itu, perubahan siklus tidur karena adanya aktivitas sahur juga dapat membuat seseorang menjadi mudah mengantuk dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Hal tersebut dapat membuat produktivitas seseorang menurun dan terkadang menjadi “lemot” ketika melakukan aktivitas sehari-hari baik di rumah, sekolah, maupun saat melakukan pekerjaan di kantor. 
 

Lantas, apa yang perlu diperhatikan saat sedang berpuasa?

  1. Istirahat yang cukup
    Gunakan waktu luang untuk beristirahat dan tetap menjaga pola tidur yang baik. Hindari minuman berkafein seperti teh, kopi, soda terutama di malam hari karena dapat menyebabkan sulit tidur.
     
  2. Perhatikan makananmu dengan makanan yang sehat dan bergizi
    Kemenkes menganjurkan selama berpuasa untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur agar rasa kenyang lebih lama dan tahan selama berpuasa.

    Asupan makanan terutama saat sahur harus mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, kentang, ubi, singkong, atau jagung agar gula darah tetap stabil selama berpuasa. Hindari makanan berminyak karena dapat meningkatkan risiko penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran oksigen menjadi berkurang dan mengakibatkan mengantuk berlebih pada siang hari.

    Sebaiknya jangan langsung makan dalam jumlah banyak karena dapat membuat perasaan sesak dan penuh pada perut, dianjurkan makan secara bertahap mulai dari air putih, dan sedikit makanan manis. Selain itu makan terlalu banyak saat malam hari juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan.
     
  3. Cukupi kebutuhan air minum selama berpuasa agar tidak dehidrasi
    Minum air 2 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas setelah berbuka puasa.
     
  4. Olahraga ringan
    Lakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit setiap hari dengan intensitas ringan untuk menjaga kebugaran tubuh yang dapat dilakukan saat menjelang berbuka puasa atau sesudah berbuka puasa.
     
  5. Mandi air dingin
    Bila diperlukan, mandi dengan air dingin efektif untuk membuat badan lebih segar dan mengatasi perasaan lemas serta kantuk.
     
  6. Konsumsi suplemen
    Suplemen dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, menjaga tubuh agar tidak lemas dan tetap berenergi, serta menjaga kebugaran tubuh.
     

Meski tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama beberapa jam, puasa justru tidak bikin lemot dan bisa membawa berbagai manfaat penting bagi kesehatan tubuh. 

Adapun beberapa manfaat puasa bagi kesehatan adalah dapat mengurangi risiko diabetes dan menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan metabolism, dan mengurangi rasa cemas serta stres.

Info lebih lanjut untuk konsultasi dengan dokter spesialis kami, hubungi Call Center 150770
 

Direview oleh:
dr. Lydia Agustina, Sp.S, Msi.Med
Dokter Spesialis Neurologi (Saraf & Otak)
Mayapada Hospital Bogor (MHBG)

dr. Vikie Nouvrisia Anandaputri, M.Gizi, SpGK
Dokter Spesialis Gizi Klinik
Mayapada Hospital Bogor (MHBG)

tags :

Tahir Neuroscience Center Lemot Saat Puasa Spesialis Saraf Dan Otak