Manfaat Sayur Taoge, Salah Satunya Meningkatkan Kualitas Sperma

...

Mitos atau fakta kalau makan taoge dapat meningkatkan kesuburan atau kualitas sperma pria?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Denny Khusen, Sp.OG dari Mayapada Hospital Kuningan (MHKN) memberikan jawaban.

Taoge adalah sayuran yang banyak mengandung vitamin B, C, B1, B6, K, E, dan A. Selain itu, sayur ini juga dapat menjadi sumber makanan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, hingga asam lemak omega-3. Tidak hanya itu saja, kecambah dari sayuran ini juga dapat meningkatkan energi tubuh sehingga terasa sehat dan bugar.

Taoge memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesuburan dan meningkatkan kualitas sperma pada pria jika dikonsumsi secara teratur. 

Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alpha, dapat membantu untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan. 

Vitamin E dapat menjadi antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan begitu, perlindungan terhadap sperma dapat dilakukan dan membuatnya lebih subur. 

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan vitamin C dalam taoge dapat menekan stres, rasa cemas, bahkan depresi. Radikal bebas dapat mengganggu proses pembentukan sperma. Kurangnya vitamin E dalam tubuh juga bisa memengaruhi kesehatan reproduksi pria. 

Selain mengganggu produksi sperma, kekurangan vitamin E juga bisa menyebabkan turunnya produksi hormon dan enzim yang berperan dalam produksi sperma. 

Pada dasarnya, ada empat hal yang amat menentukan kesuburan pria:

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  2. rutin berolahraga.
  3. istirahat yang cukup.
  4. Hindari faktor risiko (merokok atau konsumsi alkohol). 


Beberapa manfaat taoge selain untuk meningkatkan kualitas sperma, di antaranya:

  1. Mengurangi kecemasan akibat stres
    Cemas berlebih akibat stres bisa terjadi pada setiap orang, termasuk pria. Stres bisa datang dari tekanan pekerjaan, kondisi finansial, hubungan dengan pasangan, dan banyak lagi.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin C dalam taoge dapat menekan stres, rasa cemas, bahkan depresi. Kekurangan vitamin C dapat mengganggu proses produksi neurotransmitter (senyawa pembawa sinyal) di otak yang berpengaruh pada mood dan kualitas tidur.
     
  2. Menjaga kesehatan mata
    Taoge juga mengandung asam folat. Itulah mengapa manfaat taoge untuk pria berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata terutama degenerasi makula yang risikonya meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Biasanya, kasus degenerasi makula terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun. Memastikan asupan asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 tercukupi setiap harinya dapat menekan risiko terjadinya masalah tersebut.
     
  3. Menjaga kekebalan tubuh
    Zat besi juga penting dalam menjaga kekebalan tubuh seseorang. Taoge mengandung cukup zat besi yang dibutuhkan seorang pria dalam sehari. Semakin tercukupi zat besi seseorang, sel-sel tubuh akan semakin kuat dan terhindar dari infeksi.
     
  4. Mengurangi risiko jantung koroner
    Vitamin K punya peran krusial dalam mencegah penyumbatan darah, salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung koroner. Manfaat taoge untuk pria berikutnya adalah memastikan asupan vitamin K tercukupi sehingga tidak ada celah penumpukan kalsium yang membuat pembuluh darah menjadi kaki.
     
  5. Menjaga kekuatan tulang
    Setidaknya 25 persen pria di usia lebih dari 50 tahun akan mengalami penurunan kualitas tulang akibat osteoporosis. Kandungan mangan dalam taoge sangat bermanfaat dalam menjaga kekuatan tulang hingga usia tua sekalipun. Ketika zat mangan berpadu dengan vitamin D, kalsium, magnesium, dan juga zinc, maka massa tulang akan semakin baik. Risiko mengalami osteoporosis pun berkurang.

    Namun yang perlu diketahui agar terjadi kehamilan tidak hanya dilihat dari 1 faktor saja, karena harus dipastikan juga dari segi kandungan perempuan baik dan tidak ada permasalahan dari sperma baik dari konsentrasi jumlah, pergerakan dan bentuknya. Maka dari itu tetap wajib konsumsi kombinasi makanan yang bergizi dan sehat.

Narasumber:
dr. Denny Khusen, Sp.OG
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan
Mayapada Hospital Kuningan (MHKN)

Lihat jadwal praktiknya di sini

tags :

Obstetrics & Gynecology Center Spesialis Kebidanan Dan Kandungan