Penting! Ini Tips Ibu Hamil saat Naik Pesawat Terbang

...

Secara umum, ibu hamil yang usia kehamilannya berada di trimester 1 (1 - 13 minggu) dengan kondisi bayi dan ibu sehat aman bepergian dengan pesawat. 

Namun demikian, usia kehamilan yang paling disarankan untuk melakukan perjalanan udara adalah usia 14 - 26 minggu.

Berikut beberapa tips untuk ibu hamil yang ingin bepergian menggunakan pesawat terbang.

  • Pastikan sabuk pengaman dikencangkan (fasten seat belt) di bawah perut dan jaga posisinya tetap rendah sejajar panggul setiap saat.

    Pengencangan sabuk pengaman yang dianjurkan untuk ibu hamil minimal jika memiliki rongga sekitar 1 kepalan tangan, jarak ini ideal bagi inspirasi dan ekspirasi dan tidak akan menekan janin.

  • Minum air putih yang cukup untuk melawan efek udara kabin yang kering (dry air), hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soft drink, karena akan memicu timbulnya evolved gas pada saluran pencernaan.

  • Sebelum take-off, hindari makanan yang menghasilkan gas seperti brokoli, kembang kol, kacang-kacangan dan minuman bersoda. Gas yang terperangkap (trapped gas) di saluran pencernaan akan mengembang pada ketinggian dan menimbulkan ketidaknyamanan saat penerbangan.

    Baca juga: Kondisi ibu hamil yang dianjurkan naik pesawat terbang

  • Pesan tempat duduk di aisle / sisi lorong, sehingga memudahkan saat ingin ke toilet, bangun, berjalan dan melakukan peregangan. Wanita hamil yang tidak banyak bergerak pada penerbangan panjang berisiko tinggi mengalami pembentukan bekuan / gumpalan darah di pembuluh darah.

    Ibu hamil disarankan untuk bangun dan jalan setidaknya tiap jam untuk mencegah pembentukan bekuan darah di pembuluh darah. Juga penting untuk menekuk dan meregangkan kedua tungkai bawah dan kaki setiap 30 menit.

  • Lapor kepada kru kabin atau pramugari (flight attendants) agar mendapatkan perhatian khusus selama penerbangan.

  • Jika memungkinkan pesan tempat duduk yang posisinya di tengah atau sejajar dengan sayap pesawat, agar guncangan minimal saat terjadi turbulensi.

    Titik berat pesawat adalah dengan rasio 30:70, dan jika dihitung lokasi rasio ini terletak kira-kira sejajar dengan sayap pesawat utama.

Ditulis oleh:

dr. M. D. Daniel Hadinoto, Sp.KP, DTM, CTH, FISTM, FAsMA
Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan
Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS)

tags :

Obstetrics & Gynecology Center Spesialis Kebidanan Dan Kandungan