Perbedaan Rapid Test dan Swab Test (PCR)

...

Pemerintah Indonesia menggunakan dua metode untuk mendeteksi virus corona (Covid-19) di tubuh seseorang, yaitu Rapid Test dan Swab Test (PCR).

Kedua metode pemeriksaan itu punya perbedaan, baik dari segi cara kerja maupun tingkat akurasinya. Lebih jelasnya lihat tabel di bawah!

Rapid Test

Swab Test (PCR)

Pengujian menggunakan sampel darah (biasanya darah diambil melalui ujung jari).

Menggunakan sampel lendir atau cairan yang diambil dari saluran pernapasan, misalnya hidung dan tenggorokan.
Membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit hingga hasil keluar.

Membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari untuk menunjukkan hasil.

Hanya untuk screening awal.

Cukup akurat dalam mendeteksi Covid-19.

Melakukan pemeriksaan IgG dan IgM dalam darah, yaitu sejenis antibodi dalam tubuh yang terbentuk saat kita mengalami infeksi virus. Jika tubuh mengalami infeksi maka jumlah IgG dan IgM akan meningkat.
 
Pemeriksaan menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Hasil pemeriksaan ini akan memperlihatkan ada atau tidaknya virus SARS-COV2 / Covid-19 dalam tubuh seseorang.


Dalam waktu dekat Mayapada Hospital akan memiliki alat PCR (Polymerase Chain Reaction) canggih, alat ini akan sangat membantu dalam mempercepat proses Swab Test Covid-19! 

Tunggu update infonya melalui website mayapadahospital.com atau Instagram @mayapadahospital!

Sebagai langkah antisipasi penularan COVID-19, kami melakukan sejumlah prosedur kepada setiap pengunjung. Langkah ini kami ambil karena Keselamatan dan Kesehatan Anda adalah prioritas. Cek prosedurnya di sini.

tags :

Covid-19 Swab Test Rapid Test Pcr Swab Test