6 PENYAKIT YANG BISA DIPICU SAKIT GIGI

08 November 2019  -  Made By : Mayapada Healthcare Group

Menurut Prof. Damien Walmsley, penasihat ilmiah dari British Dental Association, ada hubungan penyakit gigi dengan berbagai kondisi kesehatan. Apa saja?

1. Jantung

Para peneliti di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa seseorang yang menderita periodontitis, yaitu peradangan pada jaringan penyangga gigi, memiliki risiko menderita penyakit jantung koroner sebesar 25% dibandingkan yang menderita periodontal ringan (penyakit gusi).

Proses peradangan yang terjadi pada penyakit gusi ini kemudian akan turut memicu terjadinya sumbatan pembuluh darah yang dapat memengaruhi kinerja jantung. Risiko lebih besar lagi terjadi pada pria penderita periodontal yang berusia 50 tahun ke atas.

2. Stroke

Berikut mekanisme singkat bagaimana penyakit gigi dan gusi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke:

a. Ketika gusi mengalami suatu peradangan, maka bakteri gram negatif mengeluarkan endotoksin (Lipopolisakarida).

b. Endotoksin akan terbawa melewati sirkulasi darah selama kita melakukan aktivitas normal pada rongga mulut, seperti mengunyah. Kondisi ini akan mempercepat munculnya efek negatif pada jantung dan pembuluh darah.

c. Selanjutnya bakteri tersebut akan menimbulkan agregasi platelet, yang berkontribusi terhadap pembentukan thrombus dan thromboembolism, yang merupakan penyebab utama stroke.

Baca juga: Penyakit Stroke, Gejala, dan Penyebabnya

3. Diabetes

Tingkat keparahan penyakit gusi dapat meningkatkan risiko kontrol glikemik yang buruk. Jika penyakit gusinya parah, maka prevalensi protein dalam urin (proteinuria) akan signifikan, sementara pengobatan periodontal bisa meningkatkan kontrol metabolik dari penyakit diabetes.

4. Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR)

Ternyata ibu hamil yang menderita penyakit periodontal berisiko tinggi melahirkan bayi prematur dengan berat badan yang rendah. Hal ini dikuatkan dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa 18% dari semua kasus prematur berat lahir rendah berkaitan dengan penyakit periodontal.

5. Infeksi pernapasan

Rongga mulut bertindak sebagai reservoir bagi bakteri untuk bergerak menuju paru-paru. Karena itu ketika gusi bermasalah, sangat berisiko terjadinya infeksi pada organ pernapasan.

6. Osteoporosis

Penelitian di University of Buffalo yang dipimpin Jean Wactawski-Wende melaporkan bahwa sebagian besar pederita penyakit periodontal berisiko terkena osteoporosis. Kemungkinan besar disebabkan sinar x yang digunakan dalam perawatan gigi bisa mengeroposkan tulang.

Sumber: Health Insight Vol. 10

Tangerang
(021)5578-1888
Jakarta Selatan
(021)2921-7777
Bogor
(0251)830-7900