Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Gusi

...

Gusi merupakan bagian dari kulit dengan struktur khusus yang berbeda dengan jaringan kulit pada umumnya. Warna gusi sehat berwarna pink muda memberikan gambaran keberadaan pembuluh darah yang terlihat secara langsung karena ketiadaan faktor pembawa warna seperti yang nampak di kulit.

Fungsi gusi

  • Melindungi jaringan di dalamnya dari berbagai stimulus
    Stimulus yang dimaksud bisa berupa kimia: Panas, dingin, substrat makanan/ minuman, rokok, dan lainnya. Mekanis: Mengunyah makanan, gosok gigi, gesekan dengan struktur lain dan lainnya. Dan dari invasi mikroorganisme: Kuman, virus dan zat patogen beserta produk radang lainnya.
     
  • Memberikan perlindungan dalam bentuk pergantian lapisan teratas
    Perlindungan ini untuk mengganti sel lapisan yang sudah rusak dengan lapisan yang baru (regeneratif), sehingga gusi selalu berada dalam kondisi yang stabil dan sehat.

 

Gangguan pada gusi

  • Faktor lokal (Daerah kantung gusi di sekitar perlekatan gusi dan gigi) 
    Gingivitis atau radang gusi: Peradangan pada gusi yang terjadi karena adanya sisa makanan      terselip di kantong gusi, sehingga menjadi sarana tumbuh kembangnya kuman atau bakteri.

    Periodontitis: Peradangan pada gusi  yang meluas mencapai struktur jaringan yang lebih dalam seperti sementum, jaringan penyambung bahkan merusak tulang alveolar gigi. Kondisi ini mengancam keberadaan gigi di dalam mulut yang membuat gusi menjadi sakit, bengkak bahkan goyang sehingga berujung pada pencabutan gigi.
     
  • Faktor sistemik
    Radang pada gusi dapat menjadi penanda atau indikator akan adanya suatu kelainan sistemik yang memerlukan penanganan lebih serius dari tim medis.

 

Cara menjaga kesehatan dan kebersihan gusi

  • Rajin menyikat gigi sehari dua kali, terutama malam hari sebelum tidur. Sikat gigi dikhususkan untuk eliminasi faktor lokal yang berada di dalam kantung gusi.
  • Berkumur dengan larutan kumur atau obat kumur dapat membantu mengurangi pembentukan plak gigi yang mengendap dan tidak tersentuh oleh sikat gigi terutama di kantung gusi.
  • Konsumsi makanan yang baik dan sehat seperti buah buahan yang banyak mengandung serat.
  • Memijat gusi secara perlahan dari arah gusi ke gigi dengan tangan yang bersih sekurangnya sehari sekali, membantu kelancaran sirkulasi pembuluh darah setempat dan meningkatkan kapasitas pertahanan lokal
  • Menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok, tusuk gigi dan lainnya.
  • Minum vitamin terutama yang mengandung vitamin B dan C untuk proses pertahanan dan regenerasi sel.
  • Kontrol dan datang ke dokter gigi setahun dua kali untuk dibersihkan dan dilakukan pemeriksaan agar gusi selalu dalam kondisi yang baik. Dental specialist di Mayapada Hospital selalu siap membantu.

Informasi dan pendaftaran pasien di Mayapada Hospital, hubungi hotline 150770.

Ditulis oleh:
drg. Dedy Yudha, Sp.Perio 
Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
Mayapada Hospital Kuningan (MHKN)

Lihat jadwal praktiknya di sini

tags :

Spesialis Gigi