Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan

...

Kandungan zat capsaicin dalam cabai rawit menimbulkan rasa pedas, selain menimbulkan rasa pedas, zat ini juga berfungsi sebagai anti iflamasi, anti alergi, anti jamur, dan anti iritasi. Dalam cabai rawit juga terkandung beberapa mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta Mangan dan Kalium.

Ada beberapa khasiat manfaat cabai rawit yang tak banyak diduga oleh kebanyakan orang :

  1.    Mempercepat Metabolisme Tubuh

Bagi para penggemar cabai, khususnya penggemar cabai rawit patut untuk berbahagia karena cabai rawit dapat mempercepat metabolisme tubuh. Cepatnya proses metabolisme dalam tubuh membuat cabai rawit tergolong kedalam makanan yang mampu membantu dalam menurunkan berat badan.

  1.    Menjaga Kesehatan Jantung

Cabai rawit mampu menjaga kesehatan jantung anda dari serangan jantung yang mematikan. Karena cabe rawit memiliki karakter sebagai pembuka alteri jantung kita.

  1.    Membantu Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok disebabkan oleh penurunan sirkulasi darah. Masalah ini dapat diatasi dengan cara mengoleskan cabai rawit pada permukaan kulit kepala Anda. Cara ini mungkin akan menyebabkan iritasi, namun cara ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang menimbulkan pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

  1.    Mencegah Timbulnya Tekanan Darah Tinggi

Selain menurunkan berat badan, zat capsaicin yang menimbulkan rasa pedas pada cabai rawit juga dapat melacarkan peredaran darah dalam tubuh. Zat ini dapat melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi pembentukan dan penggumpalan darah dalam tubuh.

Meskipun memiliki beberapa khasiat yang baik, cabai rawit juga memiliki beberapa efek yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya dapat menimbulkan diare dan memperparah kondisi lambung bagi penderita maag kronis. Jadi sebaiknya konsumsilah cabai rawit secukupnya agar manfaat cabai rawit yang terkandung di dalamnya bisa di serap oleh tubuh anda secara berimbang.



tags :