Rumah Sakit Yang Tepat Berpengaruh Pada Kehamilan Dan Proses Melahirkan Agar Berjalan Lancar, Ini Cara Memilihnya

...

Seorang wanita hamil membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Sang calon ayah dan ibu akan memastikan mereka memilih yang terbaik mulai dari nama-nama untuk bayi, pakaian dan mainan untuk si kecil, dan ada hal yang jangan Anda lupakan namun sangat penting adalah pentingnya memilih rumah sakit yang baik atau penyedia layanan kesehatan untuk proses melahrikan nanti.

Selalu dianjurkan untuk memilih rumah sakit yang baik sejak awal, karena hal ini memastikan bahwa ibu dan bayi Anda akan mendapatkan bantuan medis segera dan perhatian jika kebutuhan tersebut muncul.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda ketika merencanakan melahirkan di rumah sakit:

  1.     Dokter Atau Bidan Yang Merawat Anda Bekerja Di Rumah Sakit Tersebut

Mungkin ada banyak rumah sakit dan rumah bersalin di daerah Anda, lalu bagaimana cara Anda memilihnya. Yang pertama adalah dokter atau bidan yang merawat Anda bekerja di rumah sakit tersebut apabila selama ini Anda berobat di praktik pribadi dokter atau bidan. Hal ini penting karena dokter atau bidan yang merawat Anda jauh lebih tahu bagaimana kondisi kehamilan Anda, sehingga bila Anda memilih rumah sakit dimana dokter atau bidan bekerja maka akan lebih mudah saat nanti proses persalinan dan mereka sudah lebih siap dalam menangani proses kelahiran Anda. 

  1. Pilih RS Yang Dekat Dengan Rumah Anda

Cara berikut dalam memilih rumah sakit tempat Anda melahirkan yang terbaik sebenarnya adalah dekat dengan rumah Anda. Karena persalinan terkadang tidak bisa diprediksi waktunya bisa lebih cepat atau lebih lambat dari tanggal perkiraan persalinan. Bila RS yang Anda pilih dekat dengan rumah Anda maka pada saat darurat Anda akan mudah mencapainya dan bila memang RS yang Anda pilih ternyata jauh maka Anda dan suami harus tahu jalan pintas tercepat untuk mencapai tempat tersebut.

  1. Fasilitas RS

Hal ini diperlukan untuk dipastikan mengenai rumah sakit yang Anda pilih memiliki kebijakan dan fasilitas yang membuat Anda merasa nyaman. Anda harus memilih sebuah rumah sakit dengan staf paramedis terampil, peralatan medis terbaru dan fasilitas yang memadai sehingga Anda merasa yakin akan tertangani dengan baik dalam keadaan darurat.

  1. Memiliki Kamar Yang Nyaman

Tidak ada salahnya bila Anda memilih RS yang menawarkan kamar yang nyaman. Karena setelah melewati proses persalinan yang panjang dan melelahkan Anda ingin istirahat dan tenang. Apabila ada RS yang memiliki kamar yang nyaman misal ditempatkanbunga, buku, gambar, dll untuk menciptakan lingkungan yang nyaman maka Anda bisa memilihnya.

  1. Harganya Sesuai Dengan Budget Anda

Nah ini adalah salah satu hal yang paling penting yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih rumah sakit yaitu harganya yang sesuai dengan budget Anda. Saat akan melahirkan Anda dan suami harus sudah siap dengan kondisi dimana mungkin biaya melahirkan akan membengkak misal yang awalnya adalah persalinan normal namun karena tidak maju maka dilakukan operasi caesar tentu biaya akan langsung membengkak. Jadi cari yang sesuai dengan budget Anda karena Anda masih membutuhkan banyak uang untuk perawatan bayi Anda kelak.

Setelah memilih rumah sakit persiapkan perlengkapan Anda dengan menaruh barang-barang seperti baju hamil, sikat gigi, sisir, sabun, pembalut, obat-obatan, catatan medis sebelumnya dan saat ini, pakaian bayi Anda, popok, botol susu, daftar semua nomor telepon penting dan tentu saja pengisi baterai telepon selular, sehingga teman-teman Anda atau anggota keluarga tidak menghadapi masalah dalam berkomunikasi dengan Anda. Dengan tips di atas, kami berharap Anda melalui proses melahirkan yang aman dan bahagia!

Sumber: www.dokter.id

 

tags :