Tips Berpuasa Bagi Anda Yang Sedang Hamil

...

Bulan puasa adalah bulan yang dinantikan oleh semua umat muslim. Semua orang tentu sudah mempersiapkan diri mulai dari kesehatan fisik dan mental menjelang bulan puasa. Nah bagaimana untuk Anda yang sedang hamil. Apakah berpuasa aman untuk ibu hamil?

Melakukan ibadah puasa untuk ibu hamil tergantung dengan kondisi ibu itu sendiri. Melakukan ibadah puasa meski sedang hamil ternyata tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi yang Anda kandung. Karena bayi di kandungan mendapatkan asupan makanannya dari plasenta melalui aliran darah. Jadi meski pola makan Anda berubah, asalkan Anda tetap mengonsumsi makanan sehat yang dibutuhkan selama kehamilan, maka bayi di kandungan akan tetap mendapatkan kecukupan zat gizi dan mineral penting untuk pertumbuhannya.

Jadi agar Anda tetap dapat berpuasa dengan aman saat hamil, berikut tips yang dapat Anda ikuti:

Konsultasi dengan dokter

Tentu sebelum Anda memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan dan kondisi kehamilan Anda apakah memungkinkan untuk berpuasa atau tidak.

Secara umum kondisi ibu hamil paling "fit" untuk berpuasa setelah kehamilannya masuk minggu ke 16-28 atau usia kandungan 4-7 bulan

Minum yang banyak

Minum sebanyak-banyaknya setelah waktu berbuka puasa dan sahur untuk mencegah dehidrasi.

Makan makanan yang bergizi

Usahakan untuk makan sahur menjelang waktu imsak (sekitar satu atau setengah jam sebelumnya). Penuhi kebutuhan asupan ibu hamil adalah 2.200 – 2.300 kalori perhari.

Perhatikan kecukupan gizi dan mineral pada makanan yang Anda konsumsi, yaitu: 50% karbohidrat, 25% lemak baik, dan 10-15% protein dan mineral.

Istirahat yang cukup

Istirahat dengan cukup dan beraktivitas sesuai kondisi tubuh. Terutama Anda sedang hamil yang mungkin lebih mudah lelah.

Sekian tips yang dapat Anda ikuti. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Sumber: parentsindonesia

tags :