10 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Para Ibu Hamil

...

Mencukupi kebutuhan nutrisi merupakan hal yang sangat penting bagi para ibu hamil. Anda tentunya telah mengetahui bahwa Anda tidak boleh merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol selama hamil, akan tetapi bagaimana dengan makanan? Di bawah ini Anda dapat melihat 10 makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama hamil.

 

  1. Keju Lunak

Berbagai jenis keju lunak impor seperti Brie, Camembert, Roquefort, feta, Gorgonsola, queso blanco, queso fresco, dan berbagai jenis blue cheese biasanya dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi dan mungkin mengandung sejenis bakteri seperti Listeria yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

 

  1. Daging Mentah

Daging sapi dan daging ayam mentah dapat mengandung salmonella dan bakteri lainnya. Jadi, hindarilah berbagai jenis daging mentah, termasuk sushi dan berbagai jenis hidangan laut lainnya.

 

  1. Telur Mentah

Telur mentah dapat mengandung salmonella dan karenanya harus dihindari. Beberapa jenis minuman dan saus yang mengandung telur mentah adalah STMJ (susu, telur, madu, jahe), saus salad, dan saus Hollandaise.

 

  1. Ikan yang Mengandung Banyak Merkuri

Berbagai jenis ikan yang mengandung banyak merkuri harus dihindari karena merkuri dapat menyebabkan kerusakan otak. Ikan yang mengandung paling banyak merkuri adalah ikan pedang, hiu, king mackerel, marlin, kerapu, dan orange roughy.

Beberapa jenis ikan lain yang juga mengandung cukup banyak merkuri tetapi masih boleh dimakan sesekali (2-3 kali sebulan) adalah ikan halibut, tuna kalengan, tuna, ikan forel (trout), lobster, dan bluefish.

 

  1. Ikan yang Terpapar Oleh PCBs

Ikan yang terpapar oleh banyak polychlorinated biphenyls (PCBs) dari danau dan sungai yang terkontaminasi harus dihindari oleh para ibu hamil. Beberapa jenis ikan yang dimaksud adalah striped bass, ikan forel, ikan tombak, ikan walleye, bluefish, dan ikan salmon.

 

  1. Daging Olahan

Daging olahan seringkali terkontaminasi oleh listeria, yang dapat menembus plasenta dan menyebabkan terjadinya keguguran. Dianjurkan agar wanita hamil memasak daging olahan ini hingga matang sebelum memakannya.

 

  1. Selai Ikan

Selai ikan atau daging lainnya yang biasanya dikemas dalam kaleng juga dapat mengangun listeria, yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

 

  1. Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Susu yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung listeria, yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

 

  1. Sayuran Mentah dan Tidak Dicuci

Tanah tempat sayuran tumbuh dapat mengandung toksoplasmosis. Oleh karena itu, cucilah sayuran dengan baik sebelum dimakan.

 

  1. Kecambah Mentah

Kecambah mentah telah banyak dihubungkan dengan terjadinya wabah salmonella. Oleh karena itu, para wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi sayuran ini.

tags :