6 Tips Ini Bisa Dicoba, Untuk Anda Yang Punya Masalah Rambut Lepek

...

Rambut lepek??? Rasanya pasti sangat mengganggu. Bila ada yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota seorang wanita. Hal ini memang benar. Mengapa?

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa meski Anda sudah berdandan maksimal, namun bila rambut lepek rasanya penampilan jadi kurang greget. Karena rambut lepek akan membuat Anda terlihat kuyuh dan tidak segar.

Namun saat rambut Anda sedang bersahabat dengan rambut Anda maka Anda terlihat cantik maksimal. Jadi hal inilah yang membuat Anda merasa kesal dengan rambut yang sedang lepek.

Rambut terlihat lepek bisa dikarenakan produksi minyak dikulit kepala Anda terlalu berlebihan sehingga rambut Anda terlihat sangat berminyak dan terlihat lepek.

Masalah yang satu ini memang harus segera diatasi, caranya bagaimana? Ya dengan mengetahui apa penyebab rambut berminyak dan ikuti cara dibawah ini.

Penyebab rambut berminyak:

Penyebab utama mengapa rambut Anda berminyak yaitu kulit kepala yang berminyak.

Keturunan, bila orangtua Anda memiliki masalah rambut berminyak maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya

Hormon, untuk wanita dewasa biasanya berhubungan dengan masalah menstruasi dan penggunaan pil KB.

Rambut lurus, rambut lurus lebih mudah berminyak karena rambut lurus lebih mudah membawa minyak dari kulit kepala keseluruh helai rambut Anda melalui dan menyebabkan masalah rambut berminyak. Rambut keriting dan rusak biasanya memiliki masalah yang berbeda yaitu rambut kering dan rapuh, hal ini karena minyak dari kulit kepala tidak sampai ke ujung rambut.

Menggunakan steroid, masalah rambut berminyak berhubungan dengan penggunaan steroid yang membentuk masa otot tubuh

Cara mengatasi rambut berminyak:

Gunakan perawatan kulit kepala

Jangan sampai salah yang harus Anda lakukan adalah perawatan yang mengatasi minyak di kulit kepala bukan minyak di rambut Anda. Karena bila minyak dikulit kepala belum diatasi maka rambut Anda akan terus berminyak.

Pilihlah sampo khusus untuk rambut berminyak

Pertama gunakan sampo normal untuk menghindari kulit kepala kering. Apabila Anda merasa cara ini belum berhasil ada baiknya Anda memilih sampo yang memang dikhususkan untuk kulit kepala berminyak. Sampo ini biasanya mengandung sedikit pelembab dan bahan untuk mengatasi rambut berminyak.

Rambut normal disarankan untuk menggunakan sampo dengan pH antara 4-5 sampai 6,7. Rambut berminyak membutuhkan lebih banyak produk yang bersifat basa, sehingga carilah sampo yang memiliki pH lebih tinggi dibanding 6.7. Baca keterangannya di kemasan atau botol sampo.

Keramas setiap hari

Untuk Anda yang memiliki masalah kulit kepala berminyak. Mau tidak mau Anda harus keramas setiap hari untuk mengurangi sisa minyak dan kotoran di kulit kepala

Rambut berminyak tidak butuh kondisioner

Kondisioner dapat membuat kulit kepala menjadi terlalu berminyak. Jadi cukup gunakan kondisioner 1-2x dalam seminggu. Selain itu Anda bisa menggunakan sampo 2 in 1 untuk rambut berminyak

Atau cukup taruh kondisioner di telapak tangan dan oleskan hanya pada tambut Anda bukan kulit kepala Anda

Keramas dengan baik

Pastikan bahwa Anda keramas dengan baik untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak di kulit kepala dan rambut Anda. Selain itu jangan sampai ada sisa sampo yang menjadi biang kotoran nantinya di kulit kepala.

Jangan sisir rambut terlalu sering

Saat Anda menyisir rambut terlalu sering, ternyata Anda merangsang minyak terproduksi dari kulit kepala dan nantinya membuat rambut terlihat berminyak. Jadi lakukan bila perlu.

Mudahkan cara mengatasi rambut berminyak selain cara diatas Anda bisa mencoba beberapa cara alami yang bisa mengatasi rambut berminyak.

 

Sumber: www.dokter.id

tags :