Agar Ibu Hamil Tetap Sehat Selama Berpuasa

...

Apakah ibu hamil diperbolehkan berpuasa?

Dokter Daud Kristianto, SpOG, Spesialis Kandungan dan Kebidanan dari Mayapada Hospital Bogor (BMC), mengatakan ibu hamil tidak dilarang untuk berpuasa. Meski begitu, ibu yang sedang hamil perlu memenuhi kondisi-kondisi tertentu agar bisa berpuasa yang tidak membahayakan bayi dan juga ibu. 

Jika Anda, ibu hamil dan ingin berpuasa, dianjurkan untuk memeriksakan kondisi diri dan juga janin, serta konsultasikan rencana puasa Anda dengan dokter spesialis kandungan. 

Namun perlu diperhatikan, bahwa umur kandungan 6 bulan ke atas adalah umur kandungan yang aman untuk ibu hamil melaksanakan puasa.

Jika kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat, Anda dapat berpuasa dengan terus memperhatikan asupan nutrisi. Jumlah asupan makanan dan minuman yang masuk harus sesuai dengan asupan makanan sehari-hari sebelum berpuasa. 

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup agar memenuhi kebutuhan diri ibu dan juga janin. Mineral yang dikonsumsi pun harus cukup agar air ketuban tidak mengalami kekeringan dan ibu menjadi dehidrasi. 

Asupan-asupan tambahan seperti vitamin juga dianjurkan untuk ibu hamil konsumsi terutama selama berpuasa. 

 

View this post on Instagram

A post shared by Mayapada Hospital (@mayapadahospital) on May 19, 2020 at 1:36am PDT

Aktivitas ibu hamil selama bulan puasa pun tidak dibatasi. Aktivitas seperti membersihkan rumah perlu dilakukan agar ibu hamil tetap bergerak. Olahraga ringan seperti senam hamil pun boleh dilakukan. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati. Ibu hamil jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat, cukup beraktivitas sewajarnya aja.

Jika ada kendala tertentu selama berpuasa, seperti berat bayi menjadi berkurang, air ketuban kurang, gerak janin berkurang, Anda perlu memeriksanya ke dokter dan berhenti melakukan puasa. Jadi, ketahuilah kondisi diri sendiri selama hamil dan berpuasa agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Konsultan:
dr. Daud Kristianto, SpOG
Spesialis Kandungan dan Kebidanan
Mayapada Hospital Bogor (BMC)

Lihat jadwal praktik di sini.

Konsultasi dan buat buat janji bertemu dokter kandungan dan kebidanan Mayapada Hospital semakin mudah melalui fitur book an appointment. Cek di sini.

tags :

Spesialis Kebidanan Dan Kandungan Obstetrics & Gynecology Center