Anak Demam, Apa yang mesti Dilakukan?

...

Ketika Anda menjadi orang tua, sebuah hal yang sangat sering dihadapi adalah sakit demam pada anak. Saat meletakan tangan di dahi anak dan terasa hangat, kemudian pengecekan dengan termometer ternyata suhu tubuh anak Anda meningkat, jangan langsung panik.

Suhu normal pada bayi dan anak sekitar 36,4°C, tapi hal ini bisa berbeda-beda untuk tiap anak. 

Demam adalah suhu di atas 38°C atau lebih. Demam merupakan respon normal tubuh dalam melawan infeksi seperti batuk dan pilek. Banyak hal yang dapat menyebabkan demam pada anak, dari penyakit umum anak seperti cacar air dan amandel sampai dengan pasca vaksinasi.

Demam sangat umum terjadi pada anak kecil. Dalam kebanyakan kasus, demam tidak berbahaya dan bisa kembali normal dalam 3 hari. Yang harus diwaspadai adalah ketika terjadi demam disertai gejala lainnya atau demam yang tidak kunjung turun setelah lewat dari 3 hari.

Suhu tubuh yang biasanya lebih panas dari biasanya pada bagian punggung dan dada, keringat berlebih dan anak terlihat lemas merupakan tanda bahwa si anak sedang mengalami demam

Pertolongan pertama saat anak demam:

  • Segera berikan banyak cairan, apalagi si anak merasa sering haus, mata cekung, bibir kering dan buang air kecilnya berkurang. Itu merupakan si anak ada gejala dehidrasi.
     
  • Jangan paksa anak untuk makan banyak apabila mereka sedang tidak nafsu makan.
     
  • Kompres dengan air hangat pada lipatan ketiak dan selangkangan selama 10 - 15 menit. Hal ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak dan akan membuat panas keluar dari pori-pori kulit melalui proses penguapan.
     
  • Tips lain yang membantu adalah memberikan paracetamol sesuai dengan dosis dan berat badan anak. Ini juga sangat membantu menurunkan demam.


Saat demam, kapan sebaiknya anak dibawa ke dokter?

  • Jika demam pada anak disertai dengan ruam.
  • Tanda-tanda dehidrasi.
  • Disertai kejang.
  • Kaku pada leher.
  • Sakit pada saat menelan.
  • Sakit pada telinga.
  • Sakit kepala dan sesak nafas.

Di era pandemi saat ini, serta sibuknya orang tua akibat Work From Home sehingga tidak punya waktu membawa anaknya ke rumah sakit untuk berkonsultasi, maka Telekonsultasi merupakan pilihan yang bisa dilakukan sebagai langkah awal memeriksakan kesehatan anak tanpa harus datang rumah sakit.

Mayapada Hospital menyediakan layanan Telekonsultasi dengan dokter spesialis anak yang siap membantu Anda menjawab pertanyaan seputar kesehatan anak Anda. 

Tanpa harus ke rumah sakit, Anda bisa mengkonsultasikan kondisi si buah hati dan mendapatkan terapi yang cepat dan tepat sesuai dengan saran dokter spesialis anak.

Informasi dan pendaftaran pasien di Pediatric Center, Mayapada Hospital, hubungi hotline 150770.

tags :

Spesialis Anak Spesialis Pediatri Pediatric Center