Apa Sih Penyebab Kulit Bisa Jerawatan???

...

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang bersih dan mulus, tidak terkecuali wanita ataupun pria.

Namun tidak semua orang memiki kulit yang bersih dan mulus, terutama di bagian wajah. Musuh utama wajah yang paling menyebalkan adalah jerawat

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa dia bisa memiliki wajah yang mulus, sedangkan Anda memiliki masalah jerawat yang sangat mengganggu.

Agar Anda tidak penasaran berikut adalah penyebab mengapa wajah bisa berjerawat:

  1. Makanan yang Anda konsumsi

Ternyata makanan yang Anda konsumsi sehari-haribisa membuat kulit jadi berjerawat, makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak berlebih bisa menjadi makanan enak bagi bakteri penyebab jerawat. Sehingga mereka akan berkembang dengan pesat di wajah Anda.

Oleh karena itu, untuk membantu mengatasi jerawat untuk sementara Anda mengurangi konsumsi karbohidrat dan makanan berlemak. Terutama makanan cepat saji dan makanan instan.

  1. Alergi

Ternyata alergi terhadap jenis makanan tertentu juga dapat menimbulkan jerawat, misalnya Anda alergi dengan udang, cumi, kerang dan makanan seafood lainnya, telur dan beberapa makanan lain yang dapat memicu reaksi alergi.

Untuk itu sebaiknya Anda mengawasi makanan apa saja yang bisa memicu reaksi alergi dan timbulnya jerawat. Bila Anda sudah mengetahuinya usahakan untuk menghindarinya sementara waktu.

  1. Kondisi kulit

Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, maka masalah utama yang sering menghampiri wajah Anda adalah kulit berjerawat. Faktor hormonal, konsumsi lemak dan karbohidrat berlebih udara panas dapat memicu kulit berminyak yang nantinya memicu timbulnya jerawat.

Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda harus menggunakan sabun untuk kulit berminyak. Jangan menggosok wajah menggunakan scrub terlalu sering yang akan menghilangkan minyak alami kulit dan merangsang produksi minyak berlebihan.

  1. Kosmetik wajah

Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik yang Anda gunakan juga penyebab mengapa wajah Anda jerawatan.

Oleh karena itu sebaiknya, cari dan gunakan produk yang cocok dikulit wajah Anda dan jangan lupa membersihkan wajah sampai bersih sebelum Anda tidur.

  1. Penyumbatan kelenjar kulit

Kulit yang berdebu dan bercampur keringat, minyak diwajah akan membuat kelenjar kulit anda tersumbat, yang bila dibiarkan akan menyebabkan wajah Anda penuh dengan jerawat.

Untuk mengatasi hal ini, usahakan untuk mencuci wajah bila sehabis pergi dari luar, bila perlu gunakan susu pembersih.

  1. Faktor keturunan

Masalah yang satu ini memang sedikit sulit untuk diatasi apabila Anda memiliki orang tua yang memiliki kelenjar minyak berlebih dan mudah mengalami jerawatan, kemungkinan Anda juga bisa mengalami wajah berjerawat.

Masalah wajah berjerawat memang menyebalkan dan untuk mengatasinya Anda memang membutuhkan perawatan yang ekstra lebih. Bila perlu Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk membantu mengatasi masalah ini.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :