Apa yang Harus Dilakukan Bila Kadar Gula Darah Anda Terlalu Rendah???

...

Keadaan gawat darurat dapat terjadi bila seorang penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Hal ini dapat terjadi akibat penderita mengkonsumsi dosis obat yang salah atau tidak makan dengan cukup. Saat hal ini terjadi, penderita dapat mengalami penurunan kesadaran, koma, dan bahkan kematian bila tidak segera ditangani.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menolong seorang penderita diabetes yang sedang mengalami keadaan gawat darurat.

 

Kenali Gejala Gawat Darurat Diabetes

Gejala gawat darurat diabetes dapat berbeda-beda dan mungkin agak sulit untuk membedakan apakah gejala disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu rendah atau justru terlalu tinggi.

Jika penderita mengkonsumsi terlalu banyak insulin atau obat anti diabetes, maka penderita mungkin mengalami hipoglikemia akibat kadar gula darah yang terlalu rendah. Gejala yang dapat ditemukan adalah napas cepat, denyut jantung meningkat, tangan tampak berkeringat, dan mati rasa.

Jika penderita tidak mengkonsumsi cukup insulin atau obat anti diabetes, maka penderita mungkin sedang mengalami koma diabetikum akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi. Beberapa gejala yang dapat ditemukan adalah penderita tampak mengantuk, bingung, dan merasa sangat haus.

Kedua kondisi di atas, baik kelebihan atau kekurangan gula darah dapat menyebabkan penderita mengalami penurunan kesadaran, koma, dan akhirnya kematian bila tidak segera diobati.

 

Panggil Bantuan Bila Penderita Mengalami Penurunan Kesadaran

Saat Anda menunggu bantuan tiba, mintalah penderita untuk duduk (untuk berjaga-jaga bila penderita menjadi semakin lemah dan akhirnya pingsan). Jika penderita masih dapat berbicara, tanyakan padanya apakah ia telah mengkonsumsi obat diabetesnya dan apakah ia telah makan.

 

Periksa Penderita Secara Cepat

Jika penderita tampak tidak sadar, segera periksa apakah ia masih bernapas atau tidak. Caranya adalah dengan meletakkan tangan Anda pada dadanya untuk merasakan apakah dadanya bergerak naik-turun atau tidak sambil mendekatkan telinga Anda ke mulutnya untuk mendengar apakah penderita bernapas. Bila memungkinkan, periksalah juga nadinya untuk menentukan apakah jantung penderita masih bekerja.

 

Lakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP/CPR) Bila Penderita Tidak Bernapas

Segera lakukan RJP jika penderita tidak bernapas. Pada beberapa kasus gawat darurat diabetes, penderita dapat berhenti bernapas dan bahkan jantung mereka berhenti bekerja. Lakukanlah RJP hingga bantuan medis datang atau hingga penderita kembali sadar.

 

Berikan Cairan dan Obat-obatan yang Diperlukan

Pemberian obat dan cairan biasanya akan dilakukan di rumah sakit. Tergantung pada jenis keadaan gawat darurat yang terjadi (kadar gula darah terlalu rendah atau terlalu tinggi), dokter mungkin akan memberikan insulin, atau kalium, atau natrium. Obat-obatan biasanya diberikan melalui infus atau dimasukkan langsung ke dalam pembuluh darah.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :