ASI Eksklusif Cegah Obesitas pada Anak

...

Air Susu Ibu (ASI) mengandung semua nutrisi yang diperlukan bayi selama enam bulan pertama dan memenuhi setengah kebutuhan nutrisi bayi hingga dua tahun masa kehidupannya.

Pemberian ASI secara eksklusif atau tanpa memberikan makanan lain kepada bayi merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Berikut beberapa manfaat ASI dalam mencegah obesitas pada anak:

Mencegah metabolisme asupan yang tidak diperlukan oleh bayi

Tubuh bayi yang diberi makanan tambahan sebelum berusia enam bulan akan mencerna protein dan karbohidrat total yang lebih banyak dibandingkan apabila bayi hanya mendapatkan ASI eksklusif.

Hal inilah yang akan memicu peningkatan berat badan bayi dan akan terus meningkat hingga memasuki usia anak-anak dan menyebabkan obesitas.

Mencegah penyimpanan lemak pada tubuh bayi

Apabila bayi sudah memiliki simpanan lemak yang terlalu banyak, maka bayi akan berisiko untuk tumbuh dengan berat badan lebih dan menjadi obesitas pada usia anak-anak.

Pemberian ASI secara eksklusif akan mencegah pembentukan sel lemak pada bayi akibat sekresi berlebih hormon insulin dan hormon pencernaan dari pankreas dan lambung.

Membantu pembentukan keseimbangan kebutuhan energi bayi

ASI mengandung hormon dan komponen biologis lainnya yang mengatur asupan makanan dan karbohidrat yang dibutuhkan, dan akan membantu menjaga keseimbangan kebutuhan energi bayi hingga dewasa.

Para peneliti juga telah membuktikan hal ini dengan beberapa penelitian. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa anak yang diberikan ASI secara eksklusif hingga berusia enam bulan memiliki risiko 22% lebih rendah untuk mengalami obesitas pada usia anak-anak, dan risiko obesitas pada anak akan lebih rendah 36% jika diberikan ASI eksklusif lebih dari sembilan bulan.

"Kalori yang terkandung dalam ASI sudah benar-benar pas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak," kata dr. Sandra Darmawan, SpA MHJS.

"ASI merupakan anugerah yang Tuhan berikan, sehingga takarannya tidak mungkin kurang atau pun lebih. Berbeda dengan susu formula buatan manusia, tidak ada susu formula yang benar-benar seimbang 100% kandungan nutrisinya,"

tags :

Spesialis Anak Ahli Gizi Kesehatan Anak Obesitas Nutrisi