Awas! Jangan Pencet Jerawat di Telinga Anda!!!

...

Anda mungkin telah mencuci bersih tangan Anda, akan tetapi apakah Anda yakin kuku Anda bebas dari kuman? Adanya kuman di dalam kuku atau tangan Anda saat Anda memencet jerawat di telinga Anda tersebut akan membuat kuman masuk atau "berpindah" dari tangan ke dalam kulit Anda dan memperburuk infeksi yang telah terjadi di sana.

Daripada memencet jerawat Anda tersebut, gunakanlah cotton bud untuk mengoleskan benzoil peroksida 10% pada permukaan jerawat hingga jerawat menghilang. Benzoil peroksida memiliki zat anti radang dan anti kuman, yang berarti dapat mengurangi bengkak pada jerawat sekaligus membunuh kuman di dalamnya.

Untuk mencegah timbulnya kembali jerawat di area telinga Anda, mulailah perhatikan kebersihan telinga Anda tersebut. Caranya adalah dengan membersihkan telinga Anda juga saat Anda sedang mencuci wajah Anda.

Selain itu, setelah Anda mengeringkan area telinga dengan handuk bersih dan kering, oleskanlah astringen yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat akan membuat pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan minyak berlebih.

Dan saat Anda membersihkan telinga, jangan lupa untuk membersihkan daun telinga Anda dengan kapas beralkohol setidaknya 1 minggu sekali atau saat Anda melihat daun telinga Anda tampak berminyak.

 

Sumber: www.dokter.id

tags :