Badan Sakit Setelah Olahraga? Atasi Dengan Tips Berikut…

...

Nyeri otot yang semakin lama semakin memburuk dalam 24-48 jam setelah suatu aktivitas fisik disebut dengan delayed onset muscle soreness (DOMS). Nyeri otot terjadi karena adanya robekan mikroskopis pada serat-serat otot. Nyeri otot ini biasanya merupakan salah satu cara otot Anda untuk beradaptasi dengan perubahan aktivitas fisik Anda. Di bawah ini Anda dapat melihat 8 cara untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang Anda rasakan.

 

Gerakkan Tubuh Anda

Saat tubuh Anda terasa nyeri, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah bergerak lebih banyak. Akan tetapi, berjlaan kaki dan menggerakkan tubuh Anda justru dapat membantu meredakan nyeri otot yang Anda rasakan. Dengan bergerak, otot Anda akan menjadi lebih rileks dan tidak terlalu kaku.

Selain itu, bergerak juga akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke bagian otot yang sakit dan mempercepat pemecahan asam laktat, suatu produk sisa yang membuat otot terasa nyeri saat tubuh Anda kelelahan.

 

Pemanasan

Saat Anda akan berolahraga, pastikan Anda selalu memulainya dengan melakukan pemanasan. Selain dapat membantu membuat otot Anda lebih "siap" saat berolahraga, pemanasan juga dapat mencegah terjadinya cedera.

 

Peregangan

Setelah pemanasan, jangan lupa untuk melakukan peregangan juga. Lakukan pada setiap otot tubuh Anda selama setidaknya 20-30 detik.

Pijat

Salah satu cara paling mahal untuk mengatasi nyeri otot adalah dengan memijat otot Anda yang nyeri.

 

Berendam di Air Dingin

Saat otot Anda terasa nyeri atau saat kaki Anda terasa sangat lelah, berendam dengan air dingin selama 10 menit dapat sangat membantu. Hal ini dikarenakan air dingin akan meningkatkan sirkulasi darah dan memiliki efek anti radang yang dapat mempercepat penyembuhan.

 

Mandi Air Hangat

Jika Anda tidak tahan dingin, maka mandi dengan air hangat mungkin lebih cocok bagi Anda. Alirkalah air hangat ke otot-otot yang terasa nyeri selama 2 menit, kemudian segera ganti ke air dingin dan biarkan selama 30 detik. Ulangi hal ini sebanyak 5 kali. Tujuan penggantian air panas dan dingin ini adalah untuk membuka dan menutup pembuluh darah Anda sehingga asam laktat pun lebih mudah dikeluarkan dari dalam otot Anda yang nyeri.

 

Konsumsi Protein

Cara lainnya untuk mempercepat penyembuhan otot adalah dengan mengkonsumsi banyak protein. Seperti halnya perut Anda yang merasa lapar setelah lelah berolahraga, otot Anda pun demikian.

Protein memiliki fungsi yang sangat penting bagi Anda yang ingin membentuk massa otot, karena protein akan membantu membentuk otot dan membantu otot sembuh lebih cepat. Ingatlah bahwa Anda harus makan dalam waktu 30 menit setelah berolahraga.

 

Minum Air Putih

Tanpa air putih, tubuh tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Dehidrasi akan membuat otot Anda kram dan bahkan membuat otot terasa semakin nyeri. Oleh karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi cukup air putih setiap harinya.

Sumber: www.dokter.id

tags :