Bayi Ternyata Juga Bisa Bikin Anda Kecanduan Lho!!!

...

Ilmu pengetahuan akhirnya mengkonfirmasi apa yang telah diberitahu oleh para ibu sebelumnya, yaitu bahwa bau badan bayi baru lahir dapat membuat seseorang mengalami kecanduan.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa otak wanita yang mencium bau badan bayi baru lahir akan menunjukkan aktivitas yang sama seperti saat mereka merasakan kepuasan akibat mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan berhubungan intim.

Walaupun semua wanita menunjukkan reaksi yang hampir sama, akan tetapi wanita yang telah menjadi seorang ibu menunjukkan reaksi yang lebih kuat dibandingkan dengan wanita yang belum pernah menjadi seorang ibu. Reaksi ini bahkan mirip dengan reaksi otak saat seseorang baru saja selesai mengkonsumsi makanan enak.

 

Baca juga: Apa yang Membuat Anda Kecanduan Coklat?

 

Pada penelitian ini, semua peserta penelitian, 30 orang wanita (15 orang merupakan seorang ibu, sedangkan 15 lainnya belum pernah menjadi seorang ibu), dimonitor oleh sebuah alat MRI saat mereka diminta untuk mencium bau berbagai jenis benda.

Walaupun semua peserta tampak kesulitan membedakan mana yang sebenarnya bau badan bayi baru lahir, akan tetapi otak mereka tampaknya sama sekali tidak mengalami kesulitan. Semua otak peserta menunjukkan aktivitas pada bagian yang biasanya berfungsi untuk "memberikan hadiah" saat seseorang merasa senang.

Para peneliti menduga hal ini merupakan "manipulasi alam" yang membuat para wanita tertarik untuk merawat bayi mereka yang baru lahir dengan senang hati dan membantu terbentuknya ikatan antara ibu dengan anaknya.

Sayangnya, penelitian ini tidak meneliti apakah para pria juga mengalami perubahan aktivitas otak yang sama saat mencium bau badan bayi lahir sehingga para peneliti tidak dapat memastikan apakah perubahan biologis pada ibu yang membuat mereka merasakan rasa senang yang lebih besar saat mencium bau badan bayi baru lahir atau karena rasa kasih sayang dan mencium bau badan bayi baru lahir yang memicu timbulnya aktivitas otak tersebut.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: yourtango

tags :