Berbagai Hal yang Diduga Dapat Memicu Terjadinya Kanker

...

Tahukah Anda bahwa ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kanker, bahkan seks??? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal tak terduga yang ternyata berhubungan dengan terjadinya kanker pada manusia.

 

  1. Pemanis buatan

Walaupun benar bahwa sakarin dapat menyebabkan terjadinya kanker pada tikus percobaan, akan tetapi hal ini bukan berarti hal yang sama juga akan terjadi pada manusia. Hingga saat ini belum ada penelitian yang menemukan adanya hubungan antara pemanis buatan dengan terjadinya kanker pada manusia.

 

  1. Sinar X-ray

Bahkan paparan radiasi sinar x-ray yang sedikit pun dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker (walaupun sangat sedikit). Secara keseluruhan, semakin besar paparan radiasi, maka semakin tinggi resiko Anda untuk menderita kanker. Oleh karena itu, batasilah paparan radiasi Anda seminim mungkin.

 

  1. Telepon Genggam

Telepon genggam yang selalu Anda bawa kemana pun Anda pergi ternyata menghasilkan gelombang energi yang hampir sama dengan microwave lho. Walaupun hingga saat ini belum ada penelitian yang menemukan adanya hubungan antara telepon genggam dengan kanker, akan tetapi tidak ada salahnya bila Anda menghindari radiasi dengan menggunakan hands-free saat bertelepon atau jangan terlalu lama berbicara menggunakan telepon genggam.

 

  1. Daging

Apapun jenis dagingnya, akan lebih baik bila Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak daging. Hanya dengan mengkonsumsi 1 sosis setiap hari, resiko kanker usus besar Anda pun akan meningkat. Hal ini dikarenakan daging olahan mengandung pengawet yang disebut dengan nitrit, yang dapat menyebabkan terjadinya kanker. Daging yang dimasak dengan cara diasap atau dimasak dengan temperature tinggi mengandung senyawa yang disebut dengan PAHs. Para peneliti masih meneliti apa dampak senyawa ini pada tubuh manusia.

 

  1. Botol Minum

Jika botol minum Anda merupakan botol plastik bening, maka kemungkinan besar botol tersebut mengandung bisphenol A (BPA). Bahan kimia ini banyak digunakan pada berbagai jenis tempat makan dan minum, penambal gigi, dan berbagai benda lainnya. Apakah BPA dapat menyebabkan terjadinya kanker? Menurut BPOM Amerika, kadar BPA yang ditemukan di dalam makanan masih dalam batas aman. Akan tetapi, bila Anda khawatir, jangan menyimpan makanan di dalam kaleng dan simpanlah makanan panas di dalam wadah kaca atau baja.

 

  1. Seks

Bingung apa hubungan antara seks dengan kanker? Human papillomavirus (HPV), merupakan jenis penyakit menular seksual yang paling sering ditemukan dan dapat menyebakan terjadinya kanker leher rahim (kanker serviks) dan berbagai jenis kanker lainnya. Sebagian besar orang dewasa yang pernah berhubungan intim pasti pernah berkontak dengan virus ini di suatu masa selama hidupnya.

Akan tetapi, bukan berarti Anda pasti akan menderita kanker bila Anda pernah berkontak dengan virus ini. Pada sebagian besar kasus, HPV akan sembuh dengan sendirinya. Untuk menurunkan resiko terinfeksi oleh HPV, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti:

  • Menerima vaksinasi, terutama bila Anda merupakan seorang perempuan yang telah berusia 11-26 tahun atau pria yang berusia antara 11-21 tahun
  • Gunakan kondom saat berhubungan intim
  • Jangan berganti-ganti pasangan seksual

 

  1. Penambal Gigi

Hingga saat ini, para ahli belum menemukan adanya hubungan antara penambal gigi yang mengandung merkuri dengan terjadinya kanker atau berbagai penyakit lainnya.

 

  1. Kopi

Bila Anda merupakan seorang pecinta kopi, maka ada kabar gembira bagi Anda. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mengkonsumsi kopi dalam jumlah sedang (sekitar 4 gelas kopi setiap harinya) dapat menurunkan resiko terjadinya beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, kanker hati,  dan kanker usus besar.

 

  1. Deodoran

Para ahli mengatakan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah benar deodoran dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara. Deodoran diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara karena mengandung bahan kimia yang akan bekerja seperti hormon estrogen di dalam tubuh (yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker). Bahan kimia tersebut adalah benzilparaben, butilparaben, metilparaben, dan propilparaben.

 

  1. Fluoride

Fluoride dapat ditemukan di dalam air, berbagai jenis minuman, makanan, pasta gigi, dan obat kumur. Hingga saat ini, berbagai penelitian belum menemukan adanya hubungan yang kuat antara fluoride dengan terjadinya kanker.

 

  1. Alat Rumah Tangga

Berbagai jenis pestisida, cat, pernis, dan lem dapat menghasilkan suatu gas yang disebut dengan volatile organic compound (VOCs). Begitu pula dengan alat pembersih rumah tangga, kosmetik, dan automotif. Gas VOCs ini telah ditemukan berhubungan dengan terjadinya kanker pada manusia dan hewan. Untuk menurunkan resiko terjadinya kanker karena paparan VOCs, pilihlah produk yang bertuliskan low-VOC dan yang dapat diuraikan (biodegradable). Hindarilah berbagai jenis produk yang memiliki label di bawah ini:

  • Danger/poison (berbahaya/beracun)
  • Corrosive (korosif)
  • Severely irritating (sangat iritatif)
  • Highly flammable (mudah terbakar)
  • Highly combustible
  • Strong sensitizer

 

  1. Sutet

Segala sesuatu yang berfungsi untuk membuat, mengirimkan, atau menggunakan listrik akan menghasilkan radiasi frekuensi rendah (extremely low frequency/ELF). Walaupun hingga saat ini para ahli belum menemukan bukti adanya hubungan berbagai benda elektronik dengan terjadinya kanker, akan tetapi tidak ada salahnya bila Anda berjaga-jaga bukan? Untuk amannya, jagalah jarak setidaknya sepanjang lengan dari berbagai alat elektronik.

 

  1. Polusi Udara

Polusi udara telah menyebabkan lebih dari 220.000 kasus kanker paru di dunia setiap tahunnya. Para peneliti juga telah menemukan adanya hubungan antara udara yang kotor dengan semakin tingginya resiko kanker kandung empedu. Untuk menurunkan resiko terjadinya kanker karena polusi udara, jangan terlalu sering berada di luar ruangan, terutama bila polusi udara sedang tinggi.

 

Sumber: www.dokter.id

 

tags :