Buat Yang Sedang Diet, Ketahui Dahulu 5 Mitos Soal Karbohidrat Agar Diet Anda Berhasil...

...

Saat Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, membuat Anda mencari berbagai informasi kesehatan. Salah satu hal yang sering dibahas menyangkut kesehatan adalah orang-orang mengatakan sebaiknya jangan makan karbohidrat.

Karbohidrat adalah salah satu nama yang sepertinya yang telah memiliki reputasi buruk. Karbohidrat berada di puncak popularitas pada tahun 90an, namun setelah bertahun-tahun, ia telah menjadi salah satu musuh terbesar, orang-orang yang sadar akan kesehatan

Namun tidak semua orang tahu bahwa ada karbohidrat yang baik dikonsumsi dan tidak baik untuk dikonsumsi. Daripada Anda menjadi semakin bingung, segera pahami mengenai 5 mitos karbohidrat yang salah.

Berikut adalah 5 mitos tentang karbohidrat yang perlu Anda ketahui:

  1. Mitos: Karbohidrat tidak baik untuk kesehatan

Tidak semua karbohidrat buruk untuk kesehatan Anda Mungkin ada beberapa karbohidrat yang buruk untuk kesehatan yaitu karbohidrat sederhana yang hadir dalam nasi putih, roti putih, kentang dan pasta

Di sisi lain, ada karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang baik bagi tubuh Anda dan tidak menyebabkan penumpukan kalori.

  1. Mitos: Buah-buahan tidak baik karena mengandung gula

Memang benar buah mengandung gula, namun kandungan gula dalam buah tidak sebanyak dalam makanan junk food, selain itu buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Mitos: Semua karbohidrat menyebabkan kadar gula darah naik

Telah ada pembicaraan jujur ​​bahwa karbohidrat dipecah menjadi gula sederhana. Secara teoritis, gula dapat dianggap glukosa, fruktosa dan galaktosa. Pati yang Anda dapatkan dari biji-bijian dan kentang sebagian besar dipecah menjadi glukosa dalam saluran pencernaan akan menaikkan kadar gula darah. Namun kadar gula yang meningkat tidak akan terlalu signifikan.

  1. Mitos: Protein lebih baik bila dibandingkan dengan karbohidrat

Konsumsi karbohidrat sederhana memang berpotensi meningkatkan kadar gula darah dengan cepat terutama untuk yang mengalami kencing manis.

Namun, makan protein juga tidak memecahkan masalah. Andapun harus berhati-hati saat konsumsi protein, karena protein juga mengandung lemak jenuh yang  pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

  1. Mitos: tidak makan karbohidrat bisa turun berat badan

Kabar baiknya hal ini memang benar, terutama bila Anda memangkas karbohidrat sederhan seperti nasi putih. Namun perlu Anda ketahui tubuh tetap membutuhkan karbohdirat sebagai sumber energi. Bila Anda memangkas karbohidrat, bisa saja Anda malah beralih makan makanan lain yang juga tidak sehat.

Bila Anda ingin menjadi lebih sehat maka Anda boleh mengurangi konsumsi karbohidrat, namun cukup karbohidrat sederhana. Untuk karbohidrat kompleks usahakan untuk tetap memakannya.

Sumber: www.dokter.id

tags :