Cara Mencegah Penuaan Dini

...

mayapadahospital.com - Semakin bertambahnya usia, beban tanggung jawab pun semakin terasa banyak. Ditambah banyaknya aktivitas sehari-hari yang kita lakukan, membuat kita tidak menyadari bahwa tubuh semakin kekurangan kolagen, elastin dan protein yang dapat menjaga kekencangan tubuh.

Oleh karena itu, banyak hal yang harus diperhatikan agar tubuh memperlambat proses penuaan. Baik dari segi makanan yang dikonsumsi, hingga gaya hidup. Bagi sebagian orang, melakukan pola hidup sehat adalah prioritas untuk dilakukan, hingga apa pun bisa dilakukan demi tercapainya kulit yang awet muda. Namun bagi sebagian orang, pola hidup sehat hanyalah niatan semata, mungkin karena aktivitas pekerjaan menyita banyak waktu, sehingga olahraga pun jadi sulit dilakukan.

Daripada terlihat tua di usia muda (penuaan dini), sebaiknya kita melakukan berbagai pencegahan dengan beberapa tips untuk mencegah penuaan dini berikut:

1. Konsumsi Makanan beromega-3
Kandungan omega-3 berfungsi untuk memperbaiki kinerja sel pada kulit agar bekerja lebih baik. Omega-3 dapat ditemukan pada makanan brokoli, hazelnut, telur, susu, dsb.

2. Kurangi Konsumsi Gula
Salah satu penyebab terjadinya penuaan dini adalah adanya penurunan tingkat kolagen pada kulit yang terjadi akibat kadar gula yang tinggi dalam tubuh.

3. Rutin Minum Susu
Selain harus banyak minum air putih, ternyata rutin minum susu juga dapat menghindari penuaan dini, lho! Minum susu dapat menghidrasi, melembabkan, dan mengurangi penggelapan kulit yang diakibatkan oleh proses penuaan.

4. Kurangi Mandi Air Hangat
Terlalu sering mandi dengan air hangat ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi kering (hilang kelembapannya) dan kusam.

5. Tidur Cukup dan Berkualitas
Salah satu hal terpenting yang dapat menjaga agar tubuh dan pikiran tetap sehat dan berada dalam kondisi baik adalah tidur yang cukup dan berkualitas.

Setelah tahu tips-tips cegah penuaan dini, yuk, mulai melakukan pola hidup sehat, dan ajak teman-teman kamu untuk hidup sehat juga!

Agar kamu selalu terupdate informasi kesehatan, healthy lifestyle dan lainnya, follow us on Instagram: @mayapadahospital

tags :