Dampak Merokok Pada Kesehatan Tubuh Anda…

...

Selain dapat membuat Anda tampak beberapa tahun lebih tua, merokok juga akan berdampak buruk pada kesehatan Anda. Selain mengganggu fungsi paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada beberapa organ tubuh lainnya. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa dampak negatif dari merokok pada berbagai bagian tubuh.

Katarak

Katarak merupakan suatu keadaan di mana lensa mata menjadi keruh, yang menyebabkan penglihatan terganggu. Terapi yang paling efektif untuk mengatasi katarak adalah tindakan pembedahan untuk mengganti lensa mata. Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak.

Psoriasis

Merokok juga dapat meningkatkan resiko terjadinya psoriasis. Psoriasis merupakan suatu gangguan kulit yang bercirikan kulit tebal bersisik. Psoriasis paling sering mengenai daerah siku, kulit kepala, tangan, punggung, atau kaki.

Tulang Rapuh

Merokok ternyata tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru Anda, tetapi juga dapat merusak kesehatan tulang Anda lho. Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis dan patah tulang. Patah tulang belakang dapat menyebabkan penderita menjadi bungkuk.

Gangguan Jantung dan Impotensi

Penyempitan pembuluh darah arteri jantung merupakan salah satu dampak paling berbahaya dari merokok. Karena merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat bekuan darah lebih mudah terbentuk, maka resiko terjadinya serangan jantung pun akan meningkat tajam. Merokok juga dapat mempengaruhi aliran darah, yang dapat memicu terjadinya impotensi (disfungsi ereksi) pada pria.

Stamina Menurun

Karena merokok dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada jantung dan aliran darah, maka hal ini tentu saja akan mempengaruhi stamina tubuh Anda. Merokok akan membuat Anda lebih mudah mengalami sesak napas dan mengganggu sirkulasi darah Anda. Berhenti merokok merupakan salah satu cara untuk meningkatkan stamina tubuh Anda.

Gangguan Kesuburan

Selain dapat membuat seorang wanita menjadi lebih sulit untuk hamil, wanita yang merokok juga akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan saat hamil. Hal ini dikarenakan wanita yang merokok memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami keguguran, kelahiran prematur, atau melahirkan bayi yang memiliki berat badan lahir rendah.

Menopause Dini

Menurut berbagai penelitian, wanita yang merokok biasanya juga akan mengalami menopause lebih dini daripada wanita yang tidak merokok. Perokok biasanya akan mengalami menopause 1.5 tahun lebih cepat daripada wanita yang tidak merokok. Hal ini terutama terjadi pada wanita yang merupakan seorang perokok berat dalam jangka waktu yang lama.

Kanker Mulut

Resiko terjadinya kanker mulut juga akan meningkat pada orang yang merokok, apalagi bila perokok juga mengkonsumsi minuman beralkohol. Gejala awal kanker mulut yang biasa ditemukan adalah adanya sariawan di dalam mulut yang tidak kunjung sembuh. Berhenti merokok dapat menurunkan resiko terjadinya kanker mulut.

Kanker Paru

Sembilan dari 10 kematian yang disebabkan oleh kanker paru terjadi akibat merokok. Hal ini berarti bahwa sekitar 90% kematian akibat kanker paru sebenarnya dapat dicegah. Selain kanker, merokok juga dapat menyebabkan terjadinya berbagai gangguan paru lainnya seperti emfisema dan pneumonia.

Tentu saja berhenti merokok bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin.
Di Amerika Serikat, jumlah mantan perokok (48 juta orang) jauh lebih banyak daripada orang yang masih merokok (45 juta orang). Hal ini berarti bahwa banyak orang atau lebih tepatnya 48 juta orang telah berhasil berhenti merokok. Mengapa tidak mencoba menambahkan angka tersebut dengan mengikutsertakan diri Anda?

Sumber: www.dokter.id

 

tags :