Fakta Mengenai Donor darah

...

beberapa fakta mengenai donor darah.

Donor darah adalah adalah orang yang memberikan darah secara sukarela untuk maksud dan tujuan transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkan.

Penasaran apa saja fakta mengenai donor darah??? Ini ulasannya:

  1. Satu dari setiap 10 orang yang dirawat di rumah sakit membutuhkan darah.
  2. Setiap orang yang sehat berusia di atas 18 tahun dan di bawah 58 tahun dengan berat badan di atas 40 kg dapat mendonorkan darah.
  3. Jumlah darah dalam tubuh seseorang sekitar 7 persen dari berat tubuh seseorang.
  4. Rata-rata orang dewasa memiliki sekitar 10 liter darah dalam tubuhnya dan sekitar 1 liter dapat diambil untuk didonorkan. 
  5. Orang yang sehat dapat menyumbangkan darahnya setiap 3 bulan sekali
  6. Anda tidak akan pernah terinfeksi penyakit Hepatitis, AIDS atau infeksi lain pada saat mendonorkan darah.
  7. Kelompok darah manusia utama yaitu A, B, AB dan O pertama kali diidentifikasi dan diklasifikasikan oleh Dr Karl Landsteiner pada tahun 1901.
  8. Golongan darah O + adalah golongan darah yang paling umum.
  9. Golongan darah AB + merupakan penerima darah yang universal dan golongan darah O negatif merupakan pendonor sel darah merah universal yang dapat mendonorkan darah untuk setiap golongan darah lainnya.
  10. Golongan darah AB negatif adalah golongan darah yang paling langka. AB negatif adalah pendonor plasma yang universal yang dapat menyumbangkan plasma untuk semua jenis darah lainnya.
  11. Sebuah unit darah dapat dipisahkan menjadi beberapa komponen: sel darah merah, plasma, trombosit.
  12. Komponen darah spesifik seperti trombosit atau plasma dapat disumbangkan melalui cara khusus dari proses donor darah yang dikenal sebagai apheresis.
  13. Seluruh darah dan sel-sel darah merah memiliki waktu penyimpanan hanya 35 hari, sementara trombosit harus digunakan dalam waktu tiga sampai lima hari.
  14. Sebagian besar pasien kanker, pasien kecelakaan, dan pasien yang menjalani operasi jantung atau organ transplantasi mungkin memerlukan transfusi darah dan trombosit untuk bertahan hidup.
  15. Pasien Thalasemia mungkin memerlukan transfusi darah yang sering untuk kelangsungan hidup mereka.

 SUmber: www.dokter.id

 

tags :