Hati-hati, Penyakit Stroke Rentan Menyerang Anak Muda

...

Penyakit stroke tidak hanya menyerang orang lanjut usia (lansia). Anak muda yang dikategorikan sebagai generasi milenial juga berisiko terkena penyakit stroke. 

Stroke terjadi apabila pembuluh darah ke otak mengalami penyumbatan atau pecah yang mengakibatkan sebagian otak tidak mendapat pasokan darah sehingga mengalami kematian sel atau jaringan.

Baca juga: Anak Muda Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan 2018 menyebutkan, prevalensi penyakit stroke (per 1000 pendudukl) usia milenial  15 - 34 tahun adalah 2% berdasarkan diagnosis dokter.

“Stroke selalu dikaitkan dengan usia tua. Namun, di era sekarang, penyakit stroke sudah mengancam usia muda atau anak generasi milenial,” kata dr. Lydia Agustina, Sps, Msi.Med, Spesialis Penyakit Saraf dari Mayapada Hospital Bogor (BMC).

Ancaman penyakit stroke terhadap generasi milenial, kata dokter Lydia Agustina, tidak lepas dari gaya hidup yang dianutnya.


Sejumlah alasan generasi milenial rentan berisiko terkena penyakit stroke:

Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat

Kemudahan memperoleh makanan instan dan tanpa nutrisi atau lebih dikenal sebagai junk food dan fast food mengubah gaya hidup anak muda dalam mengonsumsi makanan.

Menurut dokter Lydia Agustina, kebiasaan mengonsumsi junk food yang mengandung banyak garam, lemak, dan gula, bila tidak dibatasi dapat meningkatkan risiko obesitas.

“Bila tidak dibatasi, suatu saat akan menimbulkan plak-plak di pembuluh darah yang pada akhirnya dengan berlanjutnya usia menimbulkan penyumbatan,” ujar dokter Lydia.

Obesitas sendiri termasuk faktor risiko stroke, selain hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Kurang istirahat

Kebiasaan kerja hingga larut malam, begadang, stres dan kurang tidur dapat mengurangi waktu ideal untuk istirahat. Bila semua itu dilalui setiap hari, kerja jantung akan mulai terganggu, sehingga menimbulkan tekanan darah tinggi.

Kebiasaan merokok  

Paparan asap rokok mengandung sejumlah zat kimia yang berbahaya terhadap pembuluh darah. Bila kebiasaan merokok masih sering dilakukan, seiring bertambahnya usia, suatu saat dapat tercetus terjadinya plak di pembuluh darah.

“Penumpukan plak di pembuluh darah dapat menyumbat pasokan darah ke otak, sehingga dapat menyebabkan gangguan stroke,” ujar dr. Lydia Agustina.

 

Gejala Penyakit Stroke: Pahami FAST dan Segera Ke RS

Gejala stroke pada anak milenial sama saja dengan yang dialami orang lanjut usia. Slogan yang cukup populer untuk mengenali gejala penyakit stroke dikenal dengan istilah FAST.

  • Face Drooping: Adanya kelemahan pada satu sisi wajah.
  • Arm Weakness: Adanya kelemahan separuh ekstremitas tubuh.
  • Speech Difficult: Sulit bicara/gangguan bicara secara tiba-tiba atau tidak mengerti pembicaraan.
  • Time to Call: Jika ada gejala di atas, segera bawa ke UGD rumah sakit terdekat, seperti ke Mayapada Hospital yang menyediakan layanan lengkap penanganan penyakit stroke.

Ingat! Stroke adalah gangguan pembuluh darah otak dan suatu kegawatdaruratan dalam bidang saraf. Bila tidak ditangani secara cepat dan tepat, akan menimbulkan kecacatan yang berat.

Slogan lain mengenai gejala stroke adalah: Segera ke RS

  • Senyum yang tidak simetris tiba-tiba.
  • Gerakan separuh tubuh melemah tiba-tiba.
  • Ra - bicara pelo atau cadel tiba-tiba.
  • Kebas separuh tubuh tiba-tiba.
  • Rabun atau gangguan pengelihatan tiba-tiba.
  • Sakit kepala hebat yang tidak seperti biasanya. Meski minum obat tidak ada perubahan kadar nyerinya.
     

Pencegahan Penyakit Stroke

  • Sebaiknya kurangi konsumsi makanan kadar tinggi gula, lemak, minyak, dan minuman manis.
  • Beralih ke makanan sehat dan bergizi seimbang. Tinggi serat dan rendah kadar gula dan garam.
  • Aktif berolahraga, 30 menit per hari dan 5 kali seminggu.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Hindari konsumsi alkohol.
  • Hindari paparan asap rokok.
  • Aware terhadap kesehatan dan cek rutin kesehatan di rumah sakit.


Konsultan:
dr. Lydia Agustina, SPs, Msi.Med
Spesialis Penyakit Saraf (Neurologi)
Mayapada Hospital Bogor (BMC)

Jadwal praktik, cek di sini

Buat janji dengan dokter spesialis penyakit saraf (neurologi) Mayapada Hospital semakin mudah melalui fitur book an appointment di website. Cek di sini!

tags :

Neurologi Spesialis Saraf Sakit Stroke