Hati-Hati, Makanan Yang Kita Konsumsi Tiap Hari Mengandung Racun???

...

Makanan yang dimakan akan menjadi bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga Anda perlu makan makanan yang bergizi dan sehat setiap harinya.

Namun tanpa sadar kehidupan yang serba sibuk sekarang ini terkadang memaksa kebanyakan orang makan-makanan siap saji, membeli makanan juga yang disiapkan di supermarket yang mungkin sudah terkontaminasi bahan-bahan kimia.

Padahal makanan seperti itu bisa saja tercemar oleh bahan yang tidak jelas yang dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan seperti radang sendi, kembung, dan berat badan. Sehingga makanan yang harusnya berguna bagi tubuh justru menjadi racun bagi tubuh Kita.

Berikut adalah racun-racun yang tanpa disadari dapat merusak tubuh dan ada dalam makanan Anda sehari-hari:

  1. Lemak trans

Makanan olahan banyak mengandung lemak trans dan pengawet. Penambahan bahan ini berguna agar makanan dapat bertahan lama. Hal ini dilakukan guna memastikan makanan tersebut dapat bertahan lama. Lemak trans dapat menyebabkan kencing manis, peningkatan kadar kolesterol dan masalah jantung.

  1. Pewarna buatan

Bahan ini biasanya ditambahkan ke makanan agar makanan tersebut terlihat menarik, memang ada beberapa jenis pewarna makanan telah disetujui oleh badan makanan dan obat yang terjamin. Namun, tetap saja, masih menjadi ancaman bagi kesehatan kita. Pewarna di dalam makanan kemasan berisiko kanker.

  1. Pemanis buatan nol kalori

Banyak orang yang mengira bahwa makanan atau minuman yang berlabel 0 kalori adalah makanan yang aman. Padahal makanan dan minuman tersebut biasanya mengandung gula buatan yaitu aspartam dan sakarin. Kandungan ini menyebabkan masalah pada sendi dan gangguan pencernaan. Bahan ini bukan membuat Anda sehat justru akan merusak tubuh dan membuat berat badan bertambah.

  1. Sodium nitrit dan nitrat

Makanan makanan siap saji biasanya mengandung sodium nitrit dan nitrat. Bahan-bahan ini dapat memicu pertumbuhan sel kanker, kencing manis, penyakit jantung dan stroke.

  1. Garam

Sayur tanpa garam memang tidak sedap rasanya. Padahal konsumsi garam secara berlebihan biasanya akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan gangguan ginjal. Selain itu menyebabkan pembuluh darah kehilangan elastisitasnya, yang pada akhirnya menyebabkan masalah jantung. Biasanya makanan cepat saji banyak mengandung garam.

  1. Kafein

Sekarang ini banyak orang yang memiliki kebiasaan minum kopi, bahkan menjadikan kebiasaan ini sebagai lifestyle. Mereka merasa bahwa kebiasaan minum kopi di kedai kopi terkenal adalah hal yang keren. Padahal konsumsi lebih dari satu cangkir kopi setiap harinya menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan. Seperti insomnia, gangguan pencernaan.

  1. Pestisida

Agar sayuran dan buah-buahan yang dijual disupermarket bebas dari hama, biasanya banyak mengandung pestisida. Padahal bahan ini merupakan racun yang dapat merusak organ-organ tubuh.

Bila Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, maka jagalah pola makanan Anda sehari-hari. Terapkan kebiasaan makan makanan yang sehat yang dimulai sejak dini...

Sumber: www.dokter.id

tags :