Ibu Hamil Jangan Sembarangan Minum Obat

...

Apa sih yang sering dirasakan oleh ibu-ibu hamil? Kadang kepala terasa berat, pusing, badan pegal, sulit BAB dan sebagainya. Namun Anda perlu menahan diri untuk tidak langsung mencari obat. Pasalnya, apa yang Anda minum berpengaruh terhadap janin yang ada dalam rahim Anda.

Risiko paling tinggi dalam penggunaan obat adalah saat kehamilan trimester pertama terutama pada minggu ketiga sampai minggu kedelapan. Ibu hamil disarankan menggunakan pereda alternatif terlebih dahulu sebelum mengkonsumi  obat-obatan.

 

Pada saat Ibu Hamil Pegal & Linu.

Cobalah di bagian tubuh yang terasa pegall, olesi dengan minyak kayu putih atau menthol dan juga istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi yang seimbang dan teratur. Jangan lupa minum multivitamin khusus untuk ibu hamil.

 

Sulit BAB

Mungkin juga Anda sebagai seorang ibu pernah mengalami sulit BAB atau konstipasi. Jangan minum obat pencahar sembarangan apalagi tanpa petunjuk dari dokter spesialis kandungan. Cobalah perbanyak minum air putih dan lebih sering mengkonsumsi serat yang berasal dari buah serta sayuran, jangan lupa lakukan secara rutin olahraga ringan seperti jalan kaki.

 

Sakit Maag.

Nyeri lambung dengan kondisi produksi asam lambung meningkat hingga terasa nyeri pada ulu hati ini memang sangat meresahakan. Jika nyeri lambung berkepanjangan, datanglah dan konsultasikan dengan dokter agar segera mendapatkan terapi yang tepat dan aman. Sebaiknya Anda makan secara teratur dengan porsi yang kecil serta kurangi makanan yang asam dan pedas dan hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, lemak tinggi dan ragi. Usahakan juga mkan malam 3 jam sebelum tidur.

 

 

tags :