Ini Dia Gejala Tak Terduga dari Stroke…

...

Stroke merupakan penyebab kematian tertinggi ketiga pada wanita. Sayangnya, banyak wanita tidak menyadari tanda dan gejala awal dari stroke, yang memang cukup unik pada para wanita.

Dari 1.000 orang wanita yang disurvei, hanya 1 di antara 10 orang wanita yang mengetahui bahwa cegukan yang terjadi bersamaan dengan nyeri dada merupakan gejala awal dari stroke pada wanita.

Menurut para ahli, walaupun pria dan wanita memiliki faktor resiko stroke yang sama seperti merokok, jarang berolahraga, dan menderita tekanan darah tinggi; akan tetapi ada beberapa faktor resiko lain yang hanya dapat ditemukan pada wanita.

Faktor resiko lain dari stroke yang hanya dapat ditemukan pada wanita adalah kehamilan, menderita lupus, migrain, mengkonsumsi pil KB, dan terapi sulih hormon. Resiko stroke pada seorang wanita akan meningkat saat mereka hamil, terutama pada trimester akhir dan pada masa nifas (40 hari pertama setelah seorang wanita melahirkan).

Beberapa gejala stroke yang hanya dapat ditemukan pada para wanita selain cegukan adalah:

  • Pusing yang tidak berhubungan dengan vertigo
  • Nyeri kepala
  • Mati rasa di seluruh tubuh, yang lebih berat pada salah satu sisi tubuh

Menurut seorang ahli, wanita mungkin akan mengalami nyeri kepala yang lebih berat saat akan mengalami stroke. Bahkan, cegukan yang disertai dengan nyeri dada ringan juga dapat merupakan gejala awal stroke pada wanita. Karena keunikan gejala inilah, banyak kasus stroke pada wanita tidak dapat terdeteksi sedini mungkin karena salah didiagnosa sebagai gangguan jantung atau gangguan pencernaan.

 

Selain berbagai gejala stroke di atas, baik pria dan wanita pun dapat mengalami beberapa gejala stroke yang lain seperti:

  • Mendadak tampak kebingungan
  • Kesulitan berbicara atau mengerti sesuatu
  • Mendadak sulit melihat
  • Mendadak sulit berjalan
  • Gangguan keseimbangan
  • Gangguan koordinasi

Mendeteksi gejala stroke sedini mungkin dan mendapatkan pertolongan medis secepatnya sangatlah penting. Karena obat pengencer darah (untuk mengatasi bekuan darah yang terbentuk dan menyumbat aliran darah di dalam otak) hanya efektif diberikan dalam waktu 3 jam pertama setelah serangan stroke berlangsung.

 

Sumber: www.dokter.id

 

tags :