Kenali Apa Itu Tuberkulosis…

...

Tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan nama TBC merupakan infeksi bakteri yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui kelenjar getah bening dan aliran darah. Akan tetapi, TBC paling sering mengenai paru-paru.

Sebenarnya, sebagian besar orang yang terpapar oleh bakteri penyebab TBC tidak mengalami gejala apapun karena bakteri menjadi inaktif di dalam tubuh mereka. Akan tetapi, saat daya tahan tubuh seseorang melemah, misalnya karena menderita HIV atau berusia lanjut; maka bakteri TBC ini dapat menjadi aktif. Pada fase aktif, bakteri TBC dapat menyebabkan kematian jaringan pada organ yang mereka infeksi. Infeksi TBC aktif dapat berakibat fatal bila tidak segera diobati.

Karena bakteri penyebab TBC dapat ditularkan melalui udara, maka penyakit ini sangat mudah menular. Seseorang dapat tertular bila mereka sering terpapar oleh seorang penderita TBC setiap harinya, misalnya keluarga atau rekan kerja penderita.

Walaupun demikian, karena bakteri akan menjadi inaktif saat mereka masuk ke dalam tubuh, hanya sedikit orang yang terinfeksi oleh TBC akan mengalami gejala (TBC aktif). Sisanya hanya akan mengalami infeksi TBC laten, di mana mareka sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi dan tidak akan dapat menularkan penyakit ke orang lain, kecuali bila kuman TBC di dalam tubuh mereka menjadi aktif.

Karena infeksi TBC laten dapat berubah menjadi TBC aktif, maka bahkan bila mereka tidak menunjukkan gejala apapun, mereka tetap harus melakukan pengobatan. Pengobatan TBC dapat membantu membunuh kuman TBC yang inaktif sebelum mereka berubah menjadi aktif.

Pada zaman dahulu, TBC merupakan penyakit menakutkan yang mewabah ke seluruh dunia. Akan tetapi, pada tahun 1950 TBC berhasil diatasi dengan bantuan antibiotika. Sayangnya, sekarang ini kuman TBC juga telah mengalami perubahan yang membuatnya resisten terhadap berbagai jenis obat dan antibiotika. Oleh karena itu, bila Anda terinfeksi oleh kuman TBC, baik aktif maupun laten, pastikan Anda.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :