Lakukan Ini Bila Anak Terkena Diare

...

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan bila anak menderita diare :

  1. Rehidrasi menggunakan oralit
  2. Makan dengan frekuensi lebih sering dalam jumlah kecil, dan makanan yang diperbolehkan dalam keadaan anak diare adalah kombinasi karbohidrat kompleks (nasi, kentang dan roti), daging tanpa lemak, yoghurt, susu, karena anak diare toleran terhadap susu sapi, jadi tak perlu diencerkan atau hindari produk susu sapi jika anak intoleran laktosa atau alergi susu sapi.
  3. Makanan yang harus dihindari saat anak diare : Makanan tinggi lemak (lebih sulit untuk dicerna) seperti, apel, pear dan jus, minuman tinggi gula, teh, sport drinks.
  4. Pemberian probiotik. Menurut dr. Yose Muliawan Pangestu, Sp.A, pediatrican di Mayapada Hospital Tangerang, anak yang diare harus segera dibawa ke dokter bila ditemukan beberapa kondisi seperti dehidrasi akut dengan tanda-tanda seperti selaput lendir mulut kering, rasa haus yang berlebihan hingga minum lahap, tidak kencing/diaper kering selama 4-6 jam pada bayi dan 6-8 jam pada anak yang lebih besar, diare berdarah. Untuk anak usia kurang dari 12 bulan tidak mau makan minum, nyeri perut hebat, lemah dan terlihat ada perubahan perilaku/kurang respon terhadap lingkungan sekitar.

tags :