Lakukan Trik Ini, Jika Janin Tidak Bergerak!

...

Pada umumnya, pergerakan bayi Anda sudah bisa dirasakan kira-kira pada rentang usia kehamilan sekitar 18 hingga 25 minggu. Pergerakan dapat terus terjadi hingga waktu persalinan tiba.

 

Pergerakan janin bisa menjadi tanda bahwa Si Kecil tumbuh normal selama berada di dalam kandungan. Namun, jangan panik, ketika Anda mendapati janin yang tiba-tiba berhenti bergerak.

Ada banyak faktor yang membuat bayi di dalam kandungan tidak bergerak, seperti dia mungkin sedang tidur, tubuhnya sudah membesar sehingga rahim Anda tidak menyediakan cukup ruang untuknya bergerak,  kemungkinan dia kekurangan oksigen, atau dia tidak berenergi karena tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup dari Anda.

Coba lakukan trik berikut untuk memancingnya bergerak!

  1. Buatlah suara yang sangat gaduh, untuk melihat respon gerakan dari dalam sana.
  2. Minum sesuatu yang sangat dingin. Hal ini bisa membuatnya bergerak untuk mencari celah dengan temperatur yang membuatnya nyaman.
  3. Mengkonsumsi sesuatu yang manis, ini dapat memancingnya bergerak.
  4. Cobalah posisikan diri Anda di kondisi yang tidak nyaman, hal ini mungkin bisa membuat Si Kecil menggeliatkan tubuhnya karena tidak nyaman juga.
  5. Berbaringlah pada sisi kiri tubuh Anda. Karena posisi ini dapat memperlancar sikulasi yang dapat memicu janin lebih aktif bergerak.\

Apabila Anda tidak kunjung merasakan Si Kecil bergerak setelah memberikan stimulus atau jika selama beberapa hari dia tidak bergerak setidaknya sebanyak sepuluh kali dalam kurun waktu dua jam, segera konsultasikan ke dokter kandunganmu, segera!

tags :