Makanan dan Minuman yang Membuat Anda Ingin Pipis Terus…

...

Tahukah Anda bahwa ternyata ada berbagai makanan dan minuman yang dapat membuat Anda ingin terus buang air kecil? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan dan minuman yang terus membuat Anda pergi ke toilet.

 

Minuman Beralkohol

Bir, wine, dan minuman beralkohol (wiski dan sebagainya) juga dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil. Selain itu, minuman beralkohol juga mengganggu sinyal yang dikirimkan otak pada kandung kemih yang berfungsi untuk mengatur kapan seseorang harus buang air kecil. Jadi, pastikan Anda membatasi atau bahkan berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol jika Anda memiliki kandung kemih yang overaktif.

 

Kopi, Teh,  Minuman Energi, dan Minuman Bersoda

Kafein juga dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil. Beberapa contoh minuman yang mengandung kafein dan juga bersifat asam adalah kopi, teh, minuman energi, dan minuman bersoda.

 

Cokelat

Karena cokelat mengandung kafein dan asam, maka cokelat dapat mengiritasi kandung kemih dan membuat Anda lebih sering buang air kecil.

 

Buah Golongan Sitrus dan Jus Buah

Berbagai jenis buah golongan sitrus seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis semuanya merupakan buah asam yang dapat mengiritasi kandung kemih Anda; termasuk jus buahnya.

 

Nanas

Karena bersifat asam, maka nanas juga akan membuat Anda lebih sering buang air kecil.

 

Tomat

Buah asam ini juga dapat membuat Anda menjadi lebih sering pipis. Oleh karena itu, kurangilah konsumsi berbagai jenis makanan yang berbahan dasar tomat seperti saus spageti, saus cabai, dan saus tomat.

 

Cranberi

Pada beberapa orang, cranberi justru dapat membantu mengatasi infeksi kandung kemih dan infeksi saluran kemih. Akan tetapi, jus cranberi dan buah beri itu sendiri dapat memicu terjadinya masalah karena bersifat asam. Oleh karena itu, batasilah konsumsinya.

 

Makanan Pedas

Cabai, salsa, dan wasabi dapat membuat Anda menjadi lebih sering pipis lho! Untuk mencegahnya, pastikan Anda memperhatikan jumlah cabai yang Anda konsumsi untuk mencari tahu berapa banyak cabai yang dapat Anda konsumsi tanpa membuat Anda menjadi lebih sering pipis.

 

Pemanis Buatan

Pemanis buatan dan gula dapat membuat Anda menjadi lebih sering buang air kecil.

 

Bawang Bombay

Jika Anda merupakan penggemar bawang Bombay, masaklah sebelum dimakan agar tidak terlalu mengiritasi kandung kemih Anda.

 

Pisang, Anggur, dan Apel

Bukan hanya buah golongan sitrus yang dapat meningkatkan keinginan Anda untuk buang air kecil. Beberapa jenis buah lain seperti apel, pisang, dan anggur juga memiliki efek yang sama.

 

Keju dan Krim Asam

Pada beberapa orang, keju dan krim asam tampaknya dapat membuat frekuensi buang air kecil mereka meningkat.

 

Buah Plum

Buah plum memang dapat membantu mengatasi sembelit. Akan tetapi, buah ini dapat mengiritasi kandung kemih Anda. Jadi, konsumsilah banyak serat untuk memperlancar buang air besar Anda.

 

Penyedap Rasa (Bumbu Masakan)

Kecap asin, cuka, saos tomat, dan mayonnaise merupakan berbagai jenis bumbu masakan yang mengandung asam dan berbagai hal lainnya. Gantilah bumbu masakan Anda dengan bumbu lain yang tidak mengiritasi kandung kemih Anda seperti rosemary, dill, thyme, dan bawang putih.

 

Makanan Olahan

Perasa, pengawet, dan zat adiktif buatan seperti MSG dan benzil alkohol dapat mengiritasi kandung kemih. Selain membaca label makanan, cara lain untuk mengetahui apa saja yang ada di dalam makanan yang Anda makan adalah dengan memasak sendiri makanan Anda. Gunakanlah buah, sayuran, dan gandum yang memang telah terbukti baik bagi kesehatan Anda.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :