Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol “Jahat”

...

Sudah bukan rahasia lagi bila ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kolesterol jahat ini dapat menyebabkan penumpukkan lemak di dalam dinding pembuluh darah, yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan jantung, serangan jantung, dan stroke.

Akan tetapi, bukan berarti makanan sehat tersebut tidak enak. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan enak yang ternyata dapat membantu kadar kolesterol LDL Anda.

 

Dark Cokelat

Dark cokelat mengandung flavonoid, suatu antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Akan tetapi, pastikan Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena cokelat juga mengandung banyak lemak jenuh dan gula.

 

Alpukat

Alpukat mengandung asam oleat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah Anda.

 

Wine

Anggur merah (red wine) mengandung resveratrol, suatu zat yang dapat ditemukan di dalam kulit anggur merah, yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah dengan menurunkan resiko terbentuknya bekuan darah dan menurunkan kadar LDL. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dapat menyebabkan terjadinya berbagai gangguan kesehatan.

 

Teh Hitam dan Teh Hijau

Baik teh hitam dan teh hijau mengandung banyak antioksidan kuat yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

 

Kacang

Kacang mengandung banyak asam lemak tidak jenuh ganda. Beberapa jenis kacang yang dimaksud adalah kacang almond, kacang walnut, dan kacang pistachio. Ketiganya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Selain itu, kacang hitam, kacang merah, dan kacang polong juga baik bagi kesehatan Anda karena mengandung banyak serat  larut air yang dapat mengikat kolesterol di dalam darah Anda dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Beberapa penelitian baru menunjukkan bahwa mengkonsumsi 4.5 ons kacang setiap harinya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 5%.

 

Gandum

Barley, oatmeal, dan beras cokelat mengandung banyak serat larut air, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dengan mengurangi penyerapan kolesterol di dalam aliran darah Anda.

 

Ikan

Berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan halibut mengandung banyak asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh. Konsumsilah setidaknya 8 ons ikan setiap minggunya (tetapi jangan digoreng).

 

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak nabati yang merupakan pilihan yang lebih baik bila Anda ingin menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh.

 

Kedelai

Edamame, susu kedelai, dan tafu mengandung banyak protein dan hanya dengan mengkonsumsi sekitar 25 gram kedelai setiap harinya ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda hingga 5-6%.

 

Buah

Buah pir dan apel mengandung banyak pektin, sejenis serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol Anda. Selain itu, buah golongan sitrus seperti jeruk dan lemon serta berbagai jenis buah beri juga mengandung banyak serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol Anda.

 

Sayuran

Sebagian besar sayuran mengandung banyak serat dan rendah kalori. Terong dan okra mengandung banyak sekali serat larut air. Selain itu, terong juga mengandung banyak antioksidan. Akan tetapi, berbagai jenis sayuran sebenarnya mengandung serat dan berbagai nutrisi penting yang baik bagi kesehatan Anda.

 

Makanan yang Telah Diperkaya Dengan Berbagai Zat Gizi

Zat kimia alami yang terdapat pada berbagai jenis sumber nabati, sterol, dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol di dalamt ubuh Anda. Sekarang ini, telah terdapat berbagai jenis makanan yang telah diperkaya dengan sterol ini, misalnya yogurt dan jus jeruk. Sterol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 6-15%. Pastikan saja makanan pilihan Anda tidak mengandung banyak kalori.

 

tags :