Mengapa Anda Tidak Boleh Menahan Pipis???

...

Saat Anda banyak minum atau baru saja mengkonsumsi beberapa gelas bir, maka Anda mungkin akan menjadi lebih sering buang air kecil. Hal ini mungkin akan terasa mengganggu, apalagi bila Anda sedang berusaha untuk tidur.

Akan tetapi, apa jadinya bila Anda menahan keinginan untuk buang air kecil tersebut? Menahan pipis ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Menahan keinginan buang air kecil akan membuat kandung kemih Anda membesar dan bila Anda masih tetap tidak mengeluarkan air kemih Anda, maka kandung kemih Anda pun akan terus membesar hingga melebihi batas normal.

Akibatnya, Anda mungkin tidak dapat buang air kecil dengan normal kembali. Anda bahkan mungkin membutuhkan bantuan kateter untuk buang air kecil seumur hidup Anda. Selain itu, sering menahan keinginan untuk buang air kecil juga dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran kemih, yang dapat berujung pada infeksi ginjal.

Sesekali menahan keinginan untuk buang air kecil selama 1 atau 2 jam mungkin tidak akan menyebabkan kerusakan saluran kemih secara permanen. Akan tetapi, menahan keinginan untuk buang air kecil dalam waktu yang terlalu lama dapat mengganggu kerja kandung kemih Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak terlalu sering menahan keinginan untuk buang air kecil. 

Sumber: www.dokter.id

tags :