Mengapa Orang Bisa Sangat Buas Saat Ada Diskon-an 90%?

...

Belakangan ini berita media sosial dihebohkan oleh kasus ricuhnya bazaar sepatu bermerek ‘Ceklis’ yang dilakukan di salah satu pusat perbelanjaan di daerah Jakarta Pusat. Kericuhan ini disebabkan oleh banyaknya orang yang berebut sepatu yang sedang dijual dengan diskon mencapai 90 persen ini.

Sebuah pertanyaan pun muncul, mengapa banyak orang yang cenderung berubah menjadi buas saat melihat barang diskonan?

James Mourey, salah seorang ahli konsumen yang berasal dari Driehaus College of Business yang ada di DePaul University, Chicago, Amerika Serikat menyebutkan bahwa pada dasarnya, manusia bisa merasakan banyak hal saat sedang berbelanja, termasuk kegembiraan psikologis.

Saat melihat barang yang didiskon atau berbagai benda yang disukai lainnya, maka bagian otak yang menjadi pusat penghargaan bernama nucleus accumbens menjadi lebih aktif. Sebaliknya, jika kita melihat harga sebuah benda sangat mahal dan tidak wajar, bagian insula yang memproses rasa sakit pada otak yang justru akan aktif.

Jika kita melihat produk yang didiskon besar-besaran, maka bagian nucleus accumbens ini akan aktif dan membuat mereka ingin merasakan sensasi kepuasan dengan mendapatkan barang diskonan tersebut dan inilah yang membuat mengapa seseorang akan menjadi lebih buas dalam melihat diskonan besar. Bagaimana dengan Anda?

tags :