Menyikat Gigi Sehabis Makan, Beresiko!

...

Tak dapat kita pungkiri, sikat gigi setelah makan memang penting untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Tapi, penyikatan yang dilakukan langsung setelah makan justru memperbesar risiko terkikisnya permukaan gigi lho Maya Friends, bahkan pada sebagian orang, hal ini dapat menyebabkan timbulnya rasa ngilu pada gigi.

Hal itu karena bakteri yang terkandung dalam plak di permukaan gigi akan memproses karbohidrat yang Anda makan, dan menghasilkan asam. Dengan kata lain, beberapa detik setelah makanan masuk ke dalam mulut, suasana rongga mulut Anda akan menjadi asam.

Kemudian, derajat keasaman (pH) dalam mulut yang awalnya netral dapat menurun tajam hingga mencapai pH kritis (5,5) dalam beberapa menit saja. Bahkan bisa lebih rendah, tergantung dari makanan/minuman yang Anda konsumsi.

Kondisi rongga mulut yang masih asam membuat permukaan gigi menjadi lebih lebih lunak. Jika Anda menyikatnya dalam kondisi seperti ini, pengikisan permukaan gigi sangat mungkin terjadi. Pada akhirnya, proses ini akan membuat permukaan gigi semakin tipis, sehingga Anda berisiko besar terkena gigi sensitif.

 

Jadi, jika Anda sudah terbiasa menyikat gigi sehabis makan, tunggulah 30 menit setelah makan karena hal ini memiliki efek penting, yakni menetralkan asam yang ada di mulut. Ketika asam sudah netral, risiko enamel melunak dan mengeropos ketika disikat pun berkurang.


Keep Healthy Maya Friends

tags :