Mood Sedang Jelek??? Jangan Makan Ini!

...

Pada zaman modern sekarang ini, banyak sekali makanan tidak sehat dijual di pasaran. Berbagai jenis makanan yang walaupun terasa enak tersebut sebenarnya tidak mengandung berbagai jenis nutrisi penting, mineral, dan lemak sehat.

Berbagai makanan tersebut justru mengandung banyak sekali gula dan lemak jahat yang telah diketahui berhubungan dengan terjadinya depresi. Apalagi dengan daya hidup modern yang penuh dengan stress akan membuat seseorang lebih ingin mengkonsumsi berbagai makanan manis dan penuh lemak yang tidak sehat tersebut.

Bila Anda sedang berusaha untuk hidup sehat dan bahagia, hindarilah beberapa jenis makanan di bawah ini yang ternyata dapat merusak mood Anda.

 

Ham

Ham yang dijual di pasaran berasal dari pabrik peternakan di mana semua babinya telah diberi banyak antibiotika. Selain itu, daging ham ini juga telah disuntikkan gula, garam, dan pengawet makanan yang dapat membuat mood Anda menjadi jelek, migraine, dan bahkan menyebabkan pergelangan kaki membengkak.

Daripada mengkonsumsi ham, akan lebih baik bila Anda mengkonsumsi ikan. Ikan dapat membantu meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, dan mengandung asam lemak omega 3. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa ikan yang mengandung asam lemak omega 3 ini sama efektifnya dengan obat anti depresi.

 

Minuman Bersoda

Rata-rata orang Amerika mengkonsumsi sekitar 600 kaleng soda setiap tahunnya. Selain dapat menambah jumlah lemak di dalam tubuh Anda, minuman bersoda juga dapat membuat mood menjadi buruk karena penurunan kadar gula darah secara mendadak.

Daripada mengkonsumsi minuman bersoda, akan lebih baik bila Anda mengkonsumsi jus buah segar.

 

Margarin

Dibandingkan dengan mentega, margarin ternyata lebih buruk bagi kesehatan Anda lho! Hal ini dikarenakan margarin mengandung berbagai zat penyebab radang, lemak berbahaya, dan mengandung banyak asam lemak omega 6 yang dapat membuat mood Anda menjadi buruk dan mengganggu kadar insulin di dalam tubuh.

Akan lebih baik bila Anda mengganti margarin Anda dengan mentega yang berasal dari sapi yang diberi makan rumput (pastured butter), karena mengandung lebih banyak asam linoleat. Asam linoleat merupaakn jenis lemak yang berfungsi sebagai anti kanker dan telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar lemak perut dan resiko terjadinya serangan jantung. Selain itu, pastured butter juga mengandung banyak asam lemak omega 3 yang tidak dimiliki margarin.

 

Biji Bunga Matahari Olahan

Biji bunga matahari mentah atau yang Anda proses sendiri mungkin sehat. Akan tetapi, tidak demikian halnya dengan biji bunga matahari olahan (siap saji). Hal ini dikarenakan pabrik pembuatnya seringkali melapisi biji tersebut dengan sejenis pengawet, kalium bromat, yang akan menghambat penyerapan iodium oleh kelenjar tiroid. Hal ini tentu saja akan membuat kelenjar tiroid tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya (kelenjar tiroid sangat penting untuk membantu menjaga mood Anda tetap bagus).

Untuk mencegahnya, selalu konsumsi biji bunga matahari mentah atau yang Anda olah sendiri.

 

Keripik Kentang

Keripik kentang memang merupakan salah satu cemilan favorit. Akan tetapi, perlu diingat bahwa keripik kentang tersebut digoreng oleh minyak yang mengandung sangat banyak asam lemak omega 6 yang akan menghambat pembentkan asam lemak omega 3, yang penting bagi mood Anda. Selain itu, menggoreng kentang juga memicu dihasilkannya zat penyebab kanker, akrilamida.

Gantilah cemilan Anda dengan cemilan yang lebih sehat, yang Anda buat sendiri di rumah. Homemade popcorn bahkan jauh lebih baik daripada keripik kentang.

 

Bagel

Walaupun banyak orang mengira bagel merupakan salah satu menu sarapan sehat, akan tetapi, bagel sebenarnya merupakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat yang akan membuat mood Anda menjadi lebih buruk.

Gantilah menu sarapan Anda dengan telur rebus yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B, seng, dan iodium.

 

Kacang

Kacang asin yang banyak dijual bebas di pasaran mengandung sangat banyak natrium (garam) dan berbagai jenis pengawet makanan, termasuk MSG (monosodium glutamat), sejenis pengawet makanan yang telah banyak dihubungkan dengan terjadinya migrain, kelemahan, rasa seperti terbakar, mengi (suara napas berbunyi ngik-ngik), dan kesulitan bernapas (pada sejumlah orang).

Gantilah kacang Anda dengan kacang yang lebih sehat seperti kacang walnut yang mengandung asam lemak omega 3, kacang almond yang mengandung banyak vitamin E, dan kacang brazil yang mengandung selenium (kekurangan selenium telah terbukti berhubungan dengan terjadinya depresi dan bunuh diri).

Sumber: www.dokter.id

 

tags :