Normalkah Jika Miss V Terasa Gatal Setelah Haid?

...

Pernahkah Anda merasakan Miss V gatal setelah haid? Terdengar sedikit aneh yah, ketika sudah bersih, seharusnya Miss V terasa lebih nyaman.

Dalam beberapa kasus seorang wanita bisa mengalami gatal di area Miss V setelah haid. Dan pertanyaan yang timbul pada masyarakat adalah apakah normal jika area Miss V terasa gatal setelah haid?

Jawabannya beragam karena ada banyak penyebab area Miss V gatal, mulai dari hormon hingga penyakit seks menular.

 

Ternyata pakaian dalam bisa jadi penyebab terjadinya gatal di area Miss V lho.

Jadi pilihlah celana dalam berbahan katun untuk dipakai setelah haid dan hindari penggunaan celana yang terlalu ketat juga.

 

Terkadang bakteri di Miss V bisa tidak seimbang.

Bakteri di area Miss V yang tak seimbang ini dapat menyebabkan Vaginosis bakterialis merupakan salah satu masalah kewanitaan yang terjadi akibat terganggunya keseimbangan bakteri di dalam vagina. Gejalanya meliputi gatal di area Miss V dan keputihan, keluar cairan encer dan berbau dari Miss V.

 

Rasa gatal muncul bisa disebabkan berkembangnya fungi Candida albicans.

Gejalanya juga bisa meliputi rasa perih saat sedang berhubungan intim atau buang air kecil, ruam kemerahan, dan keputihan. Yeast infection ini juga bisa disebabkan karena stres, perubahan hormon, dan penggunaan anti biotik dan buat Anda yang sudah menikah kondisi Miss V yang gatal setelah haid bisa juga disebabkan oleh penyakit seks menular.

 

Pertolongan pertama mengatasi rasa gatal ini adalah dengan membasuh area Miss V dengan air dingin. Hubungi dokter segera, jika rasa gatal yang dirasakan sangat mengganggu, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

tags :