OMG! Duduk Sepanjang Hari Berbahaya Lho Bagi Kesehatan!

...

Selama bertahun-tahun para ahli telah menyatakan bahwa duduk terlalu lama dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan jantung dan membantu proses penimbunan lemak di perut. Akan tetapi, ternyata duduk sepanjang hari di tempat kerja juga memiliki beberapa dampak buruk lainnya bagi tubuh. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa dampak berbahaya dari duduk sepanjang hari di kantor Anda!

 

  1. Menyebabkan Kelelahan Mental

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menemukan bahwa pria yang duduk selama lebih dari 6 jam setiap harinya di kantor memiliki resiko yang lebih tinggi (90% lebih tinggi) untuk mengalami tekanan psikologis, seperti merasa lelah, gugup, cemas, atau bahkan tidak berdaya dibandingkan dengan pria lain yang duduk dalam waktu yang lebih sebentar.

 

  1. Meningkatkan Resiko Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menemukan bahwa orang yang duduk paling lama di sepanjang hari memiliki resiko yang lebih  tinggi (24% lebih tinggi) untuk menderita kanker usus besar dibandingkan dengan orang lain yang tidak terlalu lama duduk. Resiko ini akan menjadi lebih tinggi lagi bila orang tersebut jarang makan sayuran.

Hal ini dikarenakan duduk terlalu lama juga berhubungan dengan terjadinya obesitas, yang telah diketahui berhubungan dengan perkembangan sel kanker. Selain itu, memiliki berat badan berlebih juga dapat menyebabkan terjadinya penurunan kadar vitamin D di dalam tubuh. Melalui berbagai penelitian, vitamin D telah terbukti dapat membantu mencegah terjadinya kanker usus besar.

 

  1. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian yang dilakukan di New Zealand menemukan bahwa kadar insulin dan kadar gula darah seseorang akan menjadi lebih tinggi bila mereka duduk lebih dari 9 jam berturut-turut. Keadaan ini tentu saja dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes.

Yang menarik adalah dengan "menginterupsi" waktu duduk Anda dengan berjalan singkat ternyata telah dapat memperbaiki pengendalian insulin dan kadar gula darah. Para peneliti menduga hal ini dikarenakan berjalan singkat tetapi cukup sering ini membakar lebih banyak karbohidrat sehingga membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

 

  1. Membuat Darah Menjadi Kental

Sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark menemukan bahwa orang yang duduk lama saat bekerja, misalnya sopir bus, memiliki resiko yang lebih tinggi (28% lebih tinggi) untuk mengalami pembekuan darah serius di dalam paru-paru (emboli paru) dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan lebih aktif.

Para peneliti menduga keadaan ini terjadi karena posisi duduk tertentu mungkin membuat kaki lebih sulit bergerak sehingga terjadi penurunan sirkulasi darah dan meningkatkan resiko terbentuknya bekuan darah.

 

  1. Mudah Mengalami Nyeri Punggung

Punggung Anda mungkin akan terasa nyeri setelah Anda duduk seharian di depan komputer Anda di kantor. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa duduk lama (tanpa interupsi) selama 4 jam dapat menyebabkan saraf tulang belakang Anda tertekan, terutama di bagian pinggang. Bila hal ini terus berlangsung, maka penekanan ini akan membuat saraf rusak dan memicu terjadinya nyeri pinggang.

Untuk mencegahnya, bangun dan bergeraklah atau gantilah posisi duduk Anda setiap 15 menit sekali.

 

Sumber: www.dokter.id

 

tags :