Pentingnya Konsumsi Omega-3 Pasca Melahirkan

...

Seorang wanita seharusnya dipenuhi rasa bahagia usai melahirkan dan bertemu sang buah hati. Tapi, nyatanya banyak wanita yang justru merasa sedih, cemas, merasa tidak mampu mengurus anaknya, mudah menangis tanpa sebab, dan mudah tersiggung pasca-melahirkan. Kondisi ini disebut sebagai sindrom baby blues.

Tahukah Anda jika Sindrom baby blues dapat teratasi dengan asupan omega-3 yang cukup untuk seorang wanita yang baru melahirkan.

Menurut Dr. Dina Sekitar 70% wanita mengalami perubahan mood dan perasaan negatif-pasca melahirkan, dan sekitar 20% wanita mengalami depresi pasca-melahirkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada hari keempat atau kelima pasca-melahirkan dan menghilang setelah dua minggu. Jika baby blues terus menetap setelah dua minggu, maka bisa berkembang menjadi depresi pasca-melahirkan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Psychiatric Association, asam lemak omega-3 dapat membantu mengatasi gangguan mood. Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi omega-3 selama masa kehamilannya sampai setelah melahirkan untuk mencegah depresi negatif-pasca-melahirkan.

tags :