Penyebab Umum Sakit Leher pada Anak, Terkadang Disertai Demam

...

Sakit leher tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, anak-anak juga dapat mengalami sakit leher. Kondisi sakit leher bisa disertai demam, rasa nyeri, dan rasa tidak nyaman di bagian sekitar leher. 

"Umumnya sakit leher tidak perlu dikhawatirkan, akan tetapi jika disertai dengan gejala seperti demam, nafsu makan menurun, maka tentu saja sebaiknya si kecil segera diperiksakan ke dokter spesialis anak," ujar dr. Marlyn Cecilia Malonda, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dari Mayapada Hospital Tangerang (MHTG).

Anak yang mengalami sakit leher disertai demam, menurut dr. Marlyn Cecilia Malonda, Sp.A, sebaiknya diberikan terlebih dahulu obat penurun demam seperti Paracetamol untuk meredakan demam dan nyeri sebelum ke dokter spesialis anak.
 
Beberapa penyebab umum sakit leher pada anak:

  • Posisi tidur/duduk. Salah posisi tidur/ bisa menyebabkan otot leher tegang & kaku. 
  • Cedera karena olahraga. Keaktifan si kecil juga harus diawasi apalagi jika melakukan olahraga yang bisa menyebabkan cedera pada leher atau otot leher yang tidak diduga-duga. 
  • Infeksi kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening bermanfaat untuk melawan infeksi yang masuk ke tubuh, tapi jika mengalami nyeri & bengkak tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa juga si kecil demam. 
  • Infeksi meningitis. Sakit leher dan demam tentu saja wajib di skrining lebih lanjut. Apalagi jika tidak bisa menggerakkan lehernya disertai dengan demam, segera konsultasikan kondisi si kecil ke dokter spesialis anak.

Informasi dan pendaftaran pasien di pusat layanan kesehatan pediatri (anak), hubungi hotline 150770.

tags :

Spesialis Pediatrik Spesialis Anak