Strategi Jitu Sehatkan Tulang dan Sendi

...

Tugas utama tulang dan sendi adalah sebagai alat gerak bagi tubuh, mereka bersama otot dan saraf bertanggung jawab terhadap koordinasi gerakan. Tulang sendiri memiliki beberapa fungsi, diantaranya membangun fan mempertahankan bentuk tubuh serta sebagai produsen sel darah merah (proses pembuatannya terjadi di dalam sumsum tulang). Sedangkan sendi berperan menjadi penghubung antara ruas tulang sehingga memungkinkan kedua ruas tulang tersebut untuk digerakan.

"Maka dari itu, karena mereka menyandang tugas-tugas yang berat dan krusial, sangat layak jika tulang dan sendi harus dijaga kesehatan dan kekuatannya, karena jika tidak, banyak penyakit yang dapat mengancam keduanya dan mampu merobohkan tubuh Anda," Ujar dr. Dimas Raditya, Sp.OT, Dokter Spesialis Ortopedi Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Salah satu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan sendi adalah mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat, seperti :

  1. Susu-termasuk produk turunannya seperti keju dan yogurt adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Banyak juga produk susu yang sudah difortifikasi dengan vitamin D sehingga meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Bagi Anda yang mengalami intoleransi laktosa, ada beberapa alternative pengganti susu seperti, kedelai dan almond.
  2. Sayuran hijau. Selain mengandung kalsium sayuran hijau juga banyak mengandung vitamin C dan selenium. Vitamin C penting untuk melindungi fungsi tulang rawan pada sendi-sendi utama pada tubuh. Sementara selenium berfungsi sebagai antioksidan yang berperan penting dalam produksi sel-sel baru.
  3. Sereal fortifikasi vitamin. Banyak produk sereal yang difortifikasi dengan vitamin dan mineral yang bisa Anda konsumi. Jangan lupa, baca baik-baik label kemasan, pilih sereal yang mengandung setidaknya 20 persen asupan harian kalsium dan vitamin D yang dianjurkan.

 

Sumber : Health Insight, Mayapada Health Magazine Edisi 3

tags :