Tips Mengatasi Nyeri Kaki Dengan Bahan Alami

...

Nyeri kaki merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi dan dapat mengenai siapa saja, pada usia berapa pun. Nyeri kaki dapat mengenai jari kaki, tumit, telapak kaki, pergelangan kaki, atau lengkung kaki.

Terjadinya nyeri kaki dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti usia tua, penggunaan sepatu yang tidak nyaman, terlalu banyak berjalan, berdiri terlalu lama, patah tulang, kekurangan mineral, kuku tumbuh ke dalam, diabetes, dan berbagai kondisi kesehatan lain.

Untuk mengatasinya, di bawah ini ada banyak hal yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi nyeri kaki dengan cara alami.

 

Air Panas dan Dingin

Terapi air panas dan dingin cukup efektif untuk mengatasi nyeri kaki. Terapi air panas akan melancarkan aliran darah, sedangkan terapi air dingin akan meredakan radang.

Caranya adalah isilah satu ember dengan air dingin dan ember lainnya dengan air hangat. Duduk dengan nyaman kemudian celupkan kaki Anda ke dalam air hangat selama 3 menit dan lakukan hal yang sama pada air dingin selama setidaknya 10 detik atau maksimal 1 menit. Ulang proses ini 2-3 kali dan akhiri dengan merendam kaki di air dingin.

Cara lainnya adalah dengan menempelkan kompres panas dan dingin secara bergantian selama 10 menit untuk mengurangi nyeri.

 

Cuka

Cuka telah banyak digunakan sebagai bahan pengobatan dan dapat membantu mengatasi nyeri kaki akibat terkilir atau tertarik karena dapat membantu meredakan radang.

Caranya adalah isilah ember dengan air hangat, tambahkan 2 sendok makan cuka ke dalamnya. Anda juga dapat mencampurkan sea salt atau garam Epsom ke dalamnya. Jika Anda tidak memiliki kedua jenis garam tersebut, Anda dapat menggunakan garam dapur biasa. Rendam kaki Anda selama sekitar 20 menit.

Cara lainnya adalah dengan membuat campuran di atas di dalam 2 buah ember. Gunakan air dingin pada ember yang satu dan air panas pada ember lainnya. Celupkan handuk bersih ke dalam ember yang berisi air panas, peras, dan bungkus kaki Anda dengan handuk ini. Biarkan selama 5 menit. Lakukan hal yang sama dengan air dingin. Ulangi proses ini setidaknya 3 atau 4 kali sehari.

 

Garam Epsom

Garam Epsom dapat membantu mengatasi nyeri kaki secara instan. Campuran antara air panas dan garam Epsom dapat membantu membuat otot kaki lebih rileks dan meredakan nyeri.

Caranya adalah campurkan 2 atau 3 sendok makan garam Epsom ke dalam ember berisi air hangat. Kemudian rendam kaki Anda selama 10-15 menit. Karena garam dapat membuat kaki Anda menjadi kering, gunakan pelembab pada kaki Anda setelah berendam.

 

Es Batu

Terapi es merupakan cara yang cukup bagus untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada kaki. Caranya adalah masukkan sedikit es batu yang sudah dihancurkan ke dalam kantong plastik kecil dan gunakan untuk memijat area yang terasa nyeri dengan gerakan memutar. Anda juga dapat menggunakan sekantong sayuran beku yang dibungkus dengan handuk bersih.

Suhu yang dingin akan membuat ujung saraf Anda mati rasa untuk sementara waktu dan membuat nyeri kaki berkurang. Pembengkakan juga akan berkurang. Jangan menempelkan es batu selama lebih dari 10 menit setiap kalinya karena dapat merusak kulit dan saraf.

 

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sangat efektif untuk mengatasi sakit kepala, nyeri sendi, infeksi jamur pada kaki, infeksi jamur pada kuku, dan juga nyeri kaki karena dapat membantu melancarkan aliran darah.

Untuk memperoleh efek instan, pijatlah kaki yang sakit dengan minyak cengkeh. Minyak cengkeh akan menstimulasi aliran darah dan merelaksasi otot. Anda dapat melakukan hal ini beberapa kali sehari.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau ada luka pada kulit Anda, campurkanlah 3 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh extra virgin olive oil atau minyak kepala kemudian pijat kaki Anda dengan campuran ini.

 

Cabai

Cabai merupakan sumber dari capsaicin yang telah diketahui dapat membantu mengatasi nyeri otot, radang sendi, otot yang terkilir, nyeri pinggang, dan bahkan nyeri kaki.

Jika kaki Anda terasa nyeri saat terpapar suhu dingin, taburkan bubuk cabai ke dalam kaos kaki Anda sebelum menggunakannya. Hal ini akan membuat kaki Anda tetap hangat.

Cara lainnya adalah dengan menambahkan 1.5 sendok teh bubuk cabai ke dalam setengah ember air hangat dan remdam kaki Anda selama beberap menit. Terapi ini dapat membantu mengatasi nyeri kaki.

 

Biji Mustard

Biji mustard juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri kaki. Biji mustard dapat membantu mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi radang; yang akan membantu meredakan kaki yang bengkak dan nyeri.

Caranya adalah haluskan sejumlah biji mustard dan tambahkan ke dalam setengah ember air hangat. Rendam kaki Anda selama 10-15 menit dan keringkan.

 

Asparagus

Asparagus merupakan bahan alami yang juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri kaki akibat radang atau kaki bengkak. Caranya adalah kukuslah asparagus selama beberapa menit dan kemudian makanlah. Asparagus merupakan diuretik alami yang akan membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari dalam tubuh sehingga dapat membantu mengurangi radang.

 

Minyak Esensial

Minyak esensial seperti minyak eukaliptus, minyak peppermint, dan minyak rosemary dapat membantu mengatasi kaki yang lelah dan nyeri.

Caranya adalah campurkan 4 tetes minyak eukaliptus dan minyak rosemary dengan 2 tetes minyak peppermint ke dalam air hangat. Rendam kaki Anda selama sekitar 10 menit.

 

Sumber: www.dokter.id

 

tags :