Tips Menghadapi Anak Susah Makan

...

Masuk ke tahapan MPASI pastinya sering membuat Anda bingung ya, Moms? Seperti memilih menu makanan apa yang harus dimasak dan yang paling membuat frustasi adalah saat menghadapi anak susah makan, sehingga Mommy-pun takut dia akan kelaparan, dan tidak mendapat gizi yang cukup untuk pertumbuhannya.

 

Banyak cara yang sudah Mommy lakukan pada saat waktu makan si kecil, namun si kecil tetap susah makan, dan hanya mau makan makanan yang dia suka.

Mengutip dari Huffington Post seorang dokter anak menyampaikan, anak yang pemilih soal makanan hanyalah salah satu cara si anak menegaskan kemandiriannya. Dia akan makan apa yang dia inginkan, di waktu yang ia tetapkan.

Dalam tahap ini, orangtua tidak perlu cemas berlebihan, asalkan tahapan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Dan untuk mengurangi kekhawatiran Mommy sebagai orang tua akan asupan nutrisi anak ini, berikut 5 hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Jangan jadikan setiap waktu makan menjadi ajang pertengkaran

Cobalah untuk bersabar dan tidak memaksanya menyantap makanan yang tidak dia suka. Karena dampaknya bisa lebih buruk. Mungkin tidak mudah bagi Bunda untuk melakukannya, tapi jika kebiasaannya yang pemilih dalam makanan bisa memicu gangguan pola makan, maka Bunda harus lebih berhati-hati dalam menghadapi kebiasaan makannya yang rewel.

  1. Buatlah catatan tentang apa saja yang dimakan anak dalam sehari

Tanyakan pada semua orang yang ditemui anak hari itu. Apa saja yang ia makan, termasuk cemilan. Maka Mommy akan mendapat data apa saja yang dimakan anak dalam sehari.

Jadi, hanya karena anak tidak mau makan besar di waktu makan yang sudah ditentukan. Bukan berarti dia kelaparan.

  1. Sediakan makanan tinggi kalori untuk cemilannya

Untuk memastikan dia tetap dapat asupan energi sepanjang hari, meski tidak makan di waktu makan. Mommy perlu menyediakan makanan tinggi kalori yang bisa dia makan kapanpun dia mau. Misalnya : Makanan tinggi kalori seperti selai kacang, keju, kacang-kacangan dan juga buah. So, tidak perlu khawatir jika anak susah makan saat disuruh makan nasi. Asalkan asupan kalorinya tetap tercukupi dari cemilan yang disediakan.

  1. Jangan menyuruhnya makan

Cobalah menggunakan taktik dengan melarangnya makan. Atau tidak menyuruhnya makan sama sekali. Anda akan terkejut ketika mendapati, anak malah minta makan sendiri saat  orangtuanya tidak menyuruhnya makan.

  1. Berikan contoh kepada anak

Jika Mommy ingin anak makan sayur, maka Anda juga harus makan sayur. Berikan contoh yang bisa diteladani anak, makan brokoli di piring Anda agar dia juga mau makan brokoli di piringnya.

tags :