Tulang Belakang Menua, Hati-Hati Saraf Kejepit

...

Seperti organ tubuh lainnya, tulang belakang (spine) akan mengalami penuaan seiring bertambahnya usia. Biasanya penuaan tulang belakang ini disertai ancaman penyakit. Apa saja penyakitnya:

Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Dalam kondisi tulang keropos, risiko patah tulang memungkinkan terjadi. Untuk itu, disarankan agar menjaga sikap dan berhati-hati dalam setiap kegiatan fisik yang mengandalkan tulang belakang.

Facet joint syndrome

Juga disebut sindrom yang menyerang sendi/bantalan. Bantalan akan menipis sehingga memicu tulang-tulang menyatu dan menyebabkan pengapuran. Dari proses pengapuran inilah akan tumbuh tulang (tidak wajar) di antara tulang yang menyatu tersebut.

Spinal stenosis

Penyempitan pada kanal tulang belakang yang mungkin terjadi mulai dari leher (cervical) sampai ke punggung bagian bawah (lumbar).

Penyempitan inilah yang akan menekan saraf dan menimbulkan rasa sakit sehingga sering disebut sebagai penyakit saraf kejepit. Penyempitan kanal tulang belakang juga bisa disebabkan oleh bantalan yang menipis dan membuat tulang saling beradu.

Tulang yang beradu bisa bergeser dan bisa menjepit saraf dan menimbulkan rasa sakit. Seseorang yang mengalami saraf kejepit di bagian leher akan merasakan dampak pada tangannya, mulai dari kesemutan, lalu nyeri, hingga tidak bisa lagi digerakkan.

Jika yang mengalami saraf kejepit terletak di punggung bawah, keluhan sakit akan terasa di kaki, betis, atau punggung bawah ketika digunakan untuk berdiri atau berjalan. Pengobatan dilakukan bergantung dari penyakit dan berat-ringannya keluhan yang dirasakan. Untuk penyakit osteoporosis, cukup diberikan obat-obatan apabila keluhan masih tergolong ringan.

Namun jika tulang sudah dalam kondisi patah, maka tindakan yang bisa dilakukan adalah menyuntikkan semen untuk memperkuat tulang. Begitu juga dengan bantalan yang rusak.

Kalau masih dalam tahap ringan, cukup dengan obat-obatan dan fisioterapi. Untuk kondisi yang berat, bisa dilakukan suntik laser untuk memperkuat bantalan. Jika bantalan rusak sampai menjepit saraf, dilakukan operasi untuk membetulkan posisi bantalan. Operasi yang lebih besar, yakni memasang pen sebagai pengganti bantalan jika bantalan sudah tidak bisa digunakan lagi.

Operasi saraf kejepit bisa dilakukan di Mayapada Hospital.

Konsultan: dr. Syafruddin, SpOT(K)-Spine
Mayapada Hospital Jakarta Selatan

tags :

Orthopaedic Center Saraf Kejepit Spesialis Tulang Dan Sendi