Untuk Yang Sering Sakit Maag, Ini Aturan Diet Untuk Anda!!!

...

Penyakit ini memang sering menghampiri siapa saja. Sakit maag atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Untuk membantu Anda mengatasi sakit maag, maka yang harus Anda lakukan adalah mencegah terjadinya kenaikan asam lambung.

Berikut adalah makanan yang harus Anda kurangi:

Kurangi makanan berlemak

Makanan berlemak sulit untuk dicerna tubuh, hal ini berarti makanan berlemak akan tertinggal di dalam perut lebih lama. Makanan yang lambat dicerna oleh sistem pencernaan, kemungkinan makanan tersebut akan kembali ke esofagus dan inilah yang menyebabkan terjadinya kenaikan asam lambung.

Makanan berlemak seperti:

  • Produk susu yang mengandung lemak seperti mentega, keju biasa, krim asam, dan susu murni
  • Lemak binatang seperti minyak atau lemak hewani
  • Makanan yang digoreng seperti kentang goreng, bawang bombai goreng, dan ayam goreng
  • Camilan tinggi lemak yang tidak mengandung banyak nilai gizi seperti keripik kentang, permen, atau es krim

Kurangi makanan asam

Makanan yang asam dapat memicu produksi asam lambung. Buah-buahan seperti jeruk adalah jenis makanan yang paling asam.

Makanan asam seperti:

  • Tomat, saus tomat, jeruk, anggur, nanas, lemon, dan jeruk limau.
  • Selain itu, cuka yang sering digunakan untuk membumbui makanan dan juga dapat memperparah kenaikan asam lambung.

Kurangi asupan cokelat

Apabila Anda khawatir dengan kenaikan asam lambung, mungkin Anda perlu mengurangi jumlah cokelat yang Anda makan. Cokelat mengandung bahan yang disebut methylxanthine, yang akan mengendurkan otot di esofagus sehingga bagian bawah esofagus mudah terbuka.

Bila bagian bawah esofagus terbuka, ada kemungkinan makanan dari perut akan naik kembali dan menyebabkan terjadinya kenaikan asam lambung.

Kurangi bawang

Bawang bombai dan bawang putih. Bawang dapat membuat sakit perut dan kembung. Hal ini dikarenakan bawang dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Banyak orang yang sering mengalami kenaikan asam lambung juga mendapati bahwa gejala mereka akan lebih buruk ketika mereka makan bawang mentah

Jauhi makanan pedas.

Peneliti memperdebatkan apakah makanan pedas dapat benar-benar menyebabkan kenaikan asam lambung. Tetapi apa pun kondisinya, kebanyakan orang mengalami sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas.

Beberapa contoh makanan pedas antara lain, paprika, cabai, dan saus pedas (tabasco)

Kurangi minuman berkarbonasi.

Minuman berkarbonasi penuh dengan gelembung. Jenis minuman ini mungkin terlihat menarik dan enak untuk diminum tetapi penting untuk diingat bahwa gelembung tersebut akan terus mendesis di dalam perut Anda.

Karbonasi dapat menyebabkan terbentuknya tekanan di bagian dalam perut. Kondisi ini dapat mendorong isi perut kembali ke esofagus, sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.

Apabila Anda rentan mengalami kenaikan asam lambung, Anda perlu menjaga kondisi agar perut Anda selalu enak. Artinya Anda harus menghindari makanan apa pun yang dapat menyebabkan Anda mengalami sakit perut. Selain menghindari makanan yang menyebabkan kenaikan asam lambung ada baiknya Anda makan dalam porsei lebih kecil, sehingga perut akan lebih mudah mencerna makanan, sehingga tidak ada tekanan yang berlebihan pada saluran pencenaan dan tidak menyebabkan makanan terdorong kembali ke esofagus.

Perut yang tidak memiliki banyak tekanan yang harus dicerna dengan cepat kemungkinannya tidak akan mendorong makanan tersebut kembali ke esofagus dan tidak menyebabkan kenaikan asam lambung.

Sumber: www.dokter.id

 

tags :