Waspada, Katarak Bisa Bikin Buta??? Cegah Dari Sekarang

...

 

Tahukah Anda bahwa katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia saat ini. Katarak adalah suatu kondisi dimana lensa mata menjadi keruh, yang berakibat hilangnya penglihatan terjadi secara bertahap dan tanpa rasa sakit. Biasanya seseorang yang berusia di atas 40 tahun berisiko mengalami katarak dan pada saat berusia 65 tahun, lebih dari 90% orang terkena katarak

Katarak adalah suatu kondisi yang tidak bisa dihindari, karena merupakan salah satu proses penuaan. Namun bukan berarti Anda membiarkan kondisi ini akan terjadi begitu saja dan disaat usia Anda masih terlalu muda.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk menjaga penglihatan Anda agar tetap dalam keadaan baik sampai usia tua:

  1. Lindungi mata Anda dari sinar matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari akan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit dan katarak. Usahakan untuk menggunakan kacamata hitam dan topi bertepi lebar atau bila bisa hindari keluar ruangan antara jam 11 dan 3 siang.

Sinar UVA dan UVB adalah penyebab utama memicu percepatan proses terjadinya katarak. perawatan dengan menggunakan radiasi total seperti seseorang yang menjalani terapi kanker

Belum ada penelitian yang membuktikan adanya hubungan antara penggunaan layar komputer dengan terjadinya katarak, namun alangkah baiknya jika Anda duduk setidaknya 30 cm dari komputer yang akan membantu menjaga kesehatan mata Anda.

  1. Hindari merokok dan minum alkohol

Merokok melepaskan radikal bebas ke dalam tubuh, sehingga mengurangi kemampuan tubuh dalam memperbaiki kerusakan. Semakin banyak radikal bebas di tubuh Anda, semakin banyak sel yang rusak, sehingga mengarah pada proses terjadinya katarak

Demi kesehatan, Anda harus berhenti merokok sekarang. Manfaat berhenti merokok tak terhitung, mencegah proses terjadinya katarak hanya merupakan salah satu manfaat yang didapat selain banyak manfaat lainnya.

  1. Makanlah banyak sayuran berdaun hijau

Sebuah penelitian dari Ohio State University menunjukkan bahwa sayuran memainkan peran kunci dalam pencegahan katarak. Antioksidan dalam kale, bayam dan sawi terbukti bekerja melawan pembentukan katarak: yaitu, antioksidan lutein dan zeaxanthin. Daun lobak, daun dandelion, bit, dan labu juga baik untuk kesehatan mata.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E

Cara ini juga dapat membantu mencegah katarak, Untuk diketahui, bayam, kacang, brokoli, jambu biji, paprika, jeruk, grapefruit, dan stroberi memiliki kandungan vitamin C dan E yang sangat tinggi.

  1. Pertahankan berat badan ideal

Seseorang yang mengalami obesitas, dapat memicu kencing manis. Kencing manis juga memicu terjadinya katarak. Jadi sangat masuk akal untuk menghindari katarak maka jagalah agar berat badan Anda tetap ideal. Selain itu berat badan yang ideal meghindari Anda dari berbagai penyakit lain yang berbahaya.

Diet yang baik adalah perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang berwarna-warni seperti buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna hijau, merah, ungu, dan kuning. Buah-buahan dan sayur-sayuran tersebut kaya akan phytochemical yang penting untuk menjaga berat badan Anda.

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur akan menjaga sistem tubuh bekerja dengan baik, sehingga proses terjadinya katarak bisa diperlambat. Disarankan olahraga 150 menit dalam seminggu.

  1. Periksa mata secara teratur.

Apabila Anda berusia 40 tahun atau lebih, lakukan pemeriksaan mata secara teratur dengan dokter mata sangat penting. Mulai memperhatikan kesehatan mata sejak dini perlu dilakukan demi kepentingan Anda sendiri.

Jaga kesehatan mata Anda sejak dini, jangan pernah biarkan ada masalah kesehatan yang menganggu penglihatan Anda. Karena bisa melihat adalah anugerah terindah yang diberikan kepada Anda dan harus selalu dijaga...

Sumber: www.dokter.id

 

tags :